Pengaruh Iklan dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian

Bisacumlude Haloo haloo haloo haloo para generasi milenial yang cerdas dan mandirii… Jumpa lagi dalam postingan artikel kita kali ini yang tentunya bahasan pada postinngan rtikel kita kali ini, tidak akan kalah menarik dari bahasan – bahasan postingan artikel kita sebelum – sebelumnya, pada postingan artikel kita kali ini, kita akan membahas mengenai ” Pengaruh Iklan dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian ” .. Semoga informasi yang kita sampaikan dapat bermanfaat dan tentunya dapat menambah pengetahun para pembaca… Selamat membaca…. 🙂 🙂 🙂 🙂

Latar Belakang

Kebutuhan manusia merupakan suatu keadaan akan sebagian dari pemuasan dasar yang dirasakan atau disadari. Kosmetik merupakan salah satu kebutuhan bagi wanita yang digunakan sehari – hari agar wanita tersebut terlihat lebih menarik. Wanita merupakan makhluk yang  mencintai keindahan, ingin selalu tampil cantik dalam keadaan situasi apapun. Kosmetik bisa meningkatkan rasa percaya diri seseorang. Saat ini, perkembangan produk kosmetik bagi wanita sangat cepat, bagi para wanita kosmetik merupakan kebutuhan sehari hari wanita. Kebutuhan sehari-hari ini menciptakan peluang bagi produsen kosmetik untuk menciptakan produk yang sesuai dengan kebutuhan konsumen. Kebutuhan kosmetik wanita berbeda-beda, produsen pun menciptakan berbagai jenis produk kosmetik agar dapat memenuhi keinginan.

Kosmetik sendiri sangat identik dengan kecantikan, keindahan dan kesehatan tubuh dari ujung rambut hingga ujung kaki. Kosmetik selalu menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari demi mendapatkan dan mempertahankan kecantikan dari waktu ke waktu karena bagi wanita mereka juga menginginkan kulit yang halus, lembut serta tampak putih. Inilah yang menjadi alasan mengapa wanita lebih banyak mengenal berbagai macam kosmetik untuk yang mereka gunakan setiap hari. Kondisi tersebut menjadi peluang besar bagi produsen kosmetik. Handbody merupakan produk yang digunakan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan kulit. Sehingga pemilihan handbody yang tepat akan sangat berpengaruh terhadap kesehatan dan kecantikan kulit. Saat ini handbody yang beredar di pasar Indonesia sangat beraneka ragam, antara lain Vaseline, Nivea, Marina, Citra, Wardah dsb.

Baca Juga  Contoh Skripsi Pengaruh Fashion Invelovement

Menurut Kotler dan Amstrong (2012 : 454) iklan adalah segala bentuk penyajian dan promosi ide, barang atau jasa secara nonpersonal oleh suatu sponsor tertentu yang memerlukan pembayaran. Perusahaan tidak hanya membuat produk bagus tapi mereka juga harus menginformasikannya kepada konsumen mengenai kelebihan produknya dan dengan hati-hati memposisikan produknya dalam benak konsumen. Karena itu, mereka harus ahli dalam menggunakan promosi. Promosi ditujukan untuk mendapatkan pelanggan baru dan  mempertahankan pelanggan yang ada. Salah satu alat promosi massal adalah iklan. Menurut Menurut Bearden dan Ingram (2007: 393) iklan adalah elemen komunikasi pemasaran yang persuasif, nonpersonal, dibayar oleh sponsor dan disebarkan melalui saluran komunikasi massa untuk mempromosikan pemakaian barang, atau jasa.

Hand and body lotionmemberikan banyak manfaat bagi para penggunanya diantaranya yaitu untuk menjaga kelembaban kulit, mencegah kulit kusam dan bersisik, melindungi kulit dari sinar matahari, aroma yang memberikan ketenangan, dan melembutkan kulit serta membuat tampak lebih cerah. Berbagai macam merek hand and body lotion yang ada di pasaran, membuat banyak perusahaan atau produsen saling berlomba untuk meraih kepercayaan konsumen terhadap merek suatu produk yang ditawarkan. Meningkatnya kepercayaan konsumen akan mengakibatkan meningkatnya juga pangsa pasar hand and body lotion. Perusahaan saling berusaha merebut pangsa pasar dengan melakukan berbagai strategi salah satunya yaitu strategi iklan terutama melalui layar kaca televisi.

Tabel 1.1 Pangsa Pasar Hand and Body Lotion 2018

 Merek Pangsa Pasar
Citra 52,5%
Marina 17,1%
Vaseline 12,6%
Nivea 4,6%
Viva 2%

Sumber: PT Bintang Indo Global 2018

Berdasarkan data pangsa pasar hand and body lotion tahun 2018,menunjukan bahwa pemimpin pangsa pasar untuk kategori perawatan pribadi hand and body lotion di kuasai oleh merek Citra. Handbody Citra merupakan salah satu merek yang ternama dan telah bertahan selama 33 tahun dan mendominasi pangsa pasar indonesia. Handbody citra merupakan salah satu produk handbody yang diproduksi PT.Unilever Indonesia Tbk dan mulai dipasarkan di Indonesia sejak tahun 1984. Sejak produk pertamanya dipasarkan. Citra terus melakukan inovasi–inovasi guna memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumennya, terutama yang berkaitan dengan perawatan kulit. Maraknya persaingan produk Hand And Body Lotion, membuat pengiklan menggunakan berbagai cara agar iklannya lebih menarik dan dapat merebut hati konsumen perempuan. Pengiklan Citra Hand And Body Lotion memberi cerita yang menggambarkan bahwa wanita berkulit putih itu tampil lebih menarik dan cantik.

Baca Juga  Citra Perusahaan dan Citra Produk Terhadap Keputusan Pembelian

Citra merek menurut (Kotler dan Keller 2008:346) adalah persepsi dan keyakinan yang dipegang oleh konsumen, seperti yang dicerminkan asosiasi yang tertanam dalam ingatan konsumen, yang selalu di ingat pertama kali saat mendengar slogan dan tertanam di benak konsumennya. Berdasarkan kutiipan diatas citra merek (Brand image) adalah serangkaian deskripsi tentang asosiasi dan keyakinan konsumen terhadap merek tertentu. Citra merek dari suatu produk yang baik akan mendorong para calon pembeli untuk membeli produk tersebut dari pada membeli produk yang sama dengan merek lain. Karena itu penting bagi perusahaan untuk memperhatikan perilaku pembelian mereka guna menentukan langkah yang tepat untuk mengantisipasinya.

Masalah – masalah yang timbul akan iklandan citra merek akan berdampak kepada keputusan pembelian konsumen untuk membeli suatu produk. MenurutTjiptono(2008:20)keputusanpembelian adalah sebuah proses dimana konsumen mengenal masalahnyamencariinformasimengenai produk ataumerek  tertentu  dan  mengevaluasi seberapa   baik masing-masing alternative tersebut dapat memecahkanmasalahnya yangkemudian mengarah kepada keputusan pembelian. Dengan masalah- masalah yang ada pada Hand And Body Lotion Citra menuntut adanya peningkatan strategi untuk memperbaiki produk tersebut.

Atas dasar keterangan dan uraian latar belakang masalah diatas maka peneliti dapat mengajukan penelitian dengan judul“PENGARUHIKLAN DAN CITRAMEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HANDBODY CITRA DI BANDAR LAMPUNG

RUMUSAN MASALAH

Adapun rumusan masalah pada penelitian sebagai berikut:

  1. Apakah pengaruh iklan terhadap keputusan pembelian Hand And Body Lotion Citra di Bandar Lampung?
  2. Apakah pengaruh citra merek terhadap keputusan Hand And Body Lotion Citra di Bandar Lampung?
  3. Apakah pengaruh iklan dan citra merek terhadap keputusan pembelian Hand And Body Lotion Citra di Bandar Lampung?

Demikianlah informasi yang dapat kita sampaikan pada postingan artikel kita kali ini dengan bahasan tentang ” Pengaruh Iklan dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian” … Semoga bahasan yang ada pada postingan artikel kita kali ini dapat menambah wawasan dan dapat bebrmanfaat bagi para generasi milenial yang cerdas mandiri untuk mengetahui lebih banyak informasi lainnya. Stay teruss pada postingan kami selanjutnya, tetap kunjunngi website bisacumlaude.com karena akan selalu ada materi – materi menari lainnnya… 🙂 🙂 🙂 🙂

Baca Juga  Organisasi Profesi: Pengertian, Kriteria dan Pembidangan

Berikut Artikel Terkait Lainnya