Pengaruh E – Commerce Terhadap Keputusan Pembelian

Bisacumlude Haloo haloo haloo haloo para generasi milenial yang cerdas dan mandirii… Jumpa lagi dalam postingan artikel kita kali ini yang tentunya bahasan pada postinngan rtikel kita kali ini, tidak akan kalah menarik dari bahasan – bahasan postingan artikel kita sebelum – sebelumnya, pada postingan artikel kita kali ini, kita akan membahas mengenai ” Pengaruh E – Commerce Terhadap Keputusan Pembelian ” .. Semoga informasi yang kita sampaikan dapat bermanfaat dan tentunya dapat menambah pengetahun para pembaca… Selamat membaca…. 🙂 🙂 🙂 🙂

Latar Belakang

Di era zaman modern seperti ini persaingan sudah banyak di rasakan oleh perusahaan – perusahaan, perkembangan teknologi dan industri membawa dampak bagi kehidupan manusia terutama dunia usaha jual beli secara e – commerce. Perkembangan teknologi yang semakin maju membuat internet menjadi salah satu media yang tidak hanya untuk berkomunikasi, tapi juga media berbelanja. Semakin meningkat pengguna internet membuat para pelaku bisnis berusaha untuk terus dapat memajukan bisnis yang akan dijalankannya dengan memperluas jaringan bisnis melalui media internet. Dengan semakin majunya internet banyak hal baru yang timbul salah satunya adalah menjual dan pembelian secara e – commerce berkembang baik dari segi gaya hidup, situasi ekonomi dan juga kepribadian si pembeli. Berbelanja secara e – commerce menjadi salah satu perkembangan dunia bisnis yang dilakukan dengan mengunakan media internet sebagai media pemasarannya.

Menurut Kotler (2007:311) Pemasaran langsung (direct marketing) merupakan suatu cara penggunaan saluran – saluran langsung ke konsumen untuk dapat menjangkau dan menyerahkan suatu produk barang dan jasa kepada pelanggan tanpa menggunakan perantara pemasaran. Dalam melakukan pemasaran langsung dapat mencakup beberapa saluran – saluran seperti, antara lain: surat langsung (direct – mail), katalog, telemarketing, TV interaktif, kios, situs internet (e – Commerce), dan peralatan bergerak. E – Commerce, yang sebagai bagian dari Elektronik Business (bisnis yang dilakukan dengan menggunakan electronic transmission), secara umum e – commerce dapat didefinisikan sebagai segala sesuatu bentuk dari suatu transaksi perdagangan atau perniagaan produk barang atau jasa dengan menggunakan media elektronik. Media elektronik hanya difokuskan dalam hal penggunaan media internet. Karena, penggunaan internetlah yang saat ini paling populer digunakan oleh banyak orang.

Baca Juga  Pengaruh Pelatihan dan Disiplin Kerja Terhadap Profesionalisme Karyawan

Keputusan – keputusan pembelian yang berkaitan dengan variable produk dapat dijadikan instrument oleh perusahaan. Dalam kegiatan pemasaran produknya untuk mengkomunikasikan produk yang sesuai di mata konsumen, sehingga akan menimbulkan persepsi tertentu pada konsumen yang menggunakan produk tersebut, yang diinginkan oleh produsen dan sesuai yang diharapkan konsumen. Salah satu keputusan variable produk yang penting adalah keputusan mengenai atribut produk, yaitu kualitas produk (product quality), fitur produk (product features) dan desain (design). (Kotler,2007:347).

Semakin majunya teknologi, untuk menjual dan membeli, pembeli dan penjual tidak harus berada pada tempat yang sama. Karena akses internet pulalah yang membawa perubahan seperti ini. Seseorang dengan sangat mudah menawarkan dagangnya atau jasanya lewat perantaraan internet, begitu pun dengan pembeli dapat memilih barang yang disukainya melalui internet. Intinya, dengan internet akses perdagangan atau kegiatan jual beli menjadi sangat mudah. Jika user ingin membeli atau menjual dan memasarkan barang atau jasa, mungkin user harus tahu salah satu situs jual beli online terbesar yang ada di Indonesia. www.tokobagus.com, adalah alamat websitenya yang menyediakan jasa untuk memasarkan produk-produk atau jasa dan begitu pun dengan pembeli. User akan memiliki kemudahan untuk memilih sendiri barang yang dinginkan. Tokobagus.com pernah mendapatkan penghargaan pada tahun 2012 Top Brand yang digelar oleh Frontier dan Majalah Marketing. Tokobagus.com merupakan tempat untuk mencari barang baru bahkan barang bekas namun tetap berkualitas. Berbagai macam barang yang disediakan ditempat ini diantaranya fashion wanita, rumah dan properti, produk kecantikan, mobil bekas, komputer, laptop, jam, perhiasan, handphone dan aksesorisnya, perlengkapan bayi, produk-produk elektronik, motor dan aksesorisnya. Selain itu, bagi para penjual tokobagus.com menyediakan layanan pasang iklan gratis. Jangkauan pasar tokobagus tidak tanggung-tanggung mencakup seluruh wilayah Indonesia dengan jumlah members yang sangat luar biasa hampir 2 juta, dengan total page views setiap harinya mencapai jutaan pengunjung.

Baca Juga  Etiket Dalam Bergaul

Tabel 1.1 Data transaksi penjualan tokobagus.com

Tahun Jumlah Konsumen Kenaikan Dan Penurunan Jumlah Konsumen Persentase Jumlah Konsumen
2009 87.000
2010 90.000 23.000 3,4%
2011 80.000 10.000 (11,1%)
Jumlah 257.000         33.000

Dari tabel di atas jumlah konsumen pada tahun 2009 mencapai 87.000 konsumen. Pada tahun 2010 jumlah konsumen mencapai 90.000 dengan kenaikan  23.000 dalam persentase 3,4% dari tahun 2009. Pada tahun 2011 jumlah konsumen mencapai 80.000 dan mengalami penurunan sebesar 10.000 dengam persentase 11,1% dari tahun 2010. Pada tahun 2011 banyak konsumen yang kurang percaya terhadap tokobagus.com. Hal ini disebabkan karena pada saat ini banyak penipuan yang menggunakan modus penjualan secara online, barang yang di pesan konsumen tidak sesuai yang diinginkan atau mengalami kerusakan dan banyak munculnya pesaing-pesaing yang menggunakan penjualan secara e – commerce, hal ini mengakibatkan tingkat kepercayaan yang menurun juga dari para konsumen yang menggunanakan situs jual beli seperti tokobagus.com.

Berdasarkan berbagai hal dan latar belakang di atas, penulis tertarik untuk meneliti masalah ini di dalam skripsi yang berjudul : “PENGARUH E-  COMMERCE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA TOKOBAGUS.COM”

 

Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang tersebut maka permasalahan dalam penelitian  adalah: Bagaimana pengaruh e – commerce terhadap keputusan pembelian pada tokobagus.com?

 

Tujuan Penelitian

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengatahui seberapa besar pengaruh e – commerce terhadap keputusan tokobagus.com

 

Demikianlah informasi yang dapat kita sampaikan pada postingan artikel kita kali ini dengan bahasan tentang ” Pengaruh E – Commerce Terhadap Keputusan Pembelian ” … Semoga bahasan yang ada pada postingan artikel kita kali ini dapat menambah wawasan dan dapat bebrmanfaat bagi para generasi milenial yang cerdas mandiri untuk mengetahui lebih banyak informasi lainnya. Stay teruss pada postingan kami selanjutnya, tetap kunjunngi website bisacumlaude.com karena akan selalu ada materi – materi menari lainnnya… 🙂 🙂 🙂 🙂

Baca Juga  Pengaruh company growth dan profitability terhadap investment opportunity set (IOS)

 

Berikut Artikel Terkait Lainnya