Konsep Dasar Ilmu Ekonomi Manajerial

Bisacumlude Haloo haloo haloo haloo para generasi milenial yang cerdas dan mandirii… Jumpa lagi dalam postingan artikel kita kali ini yang tentunya bahasan pada postinngan rtikel kita kali ini, tidak akan kalah menarik dari bahasan – bahasan postingan artikel kita sebelum – sebelumnya, pada postingan artikel kita kali ini, kita akan membahas mengenai ” Konsep Dasar Ilmu Ekonomi Manajerial ” .. Semoga informasi yang kita sampaikan dapat bermanfaat dan tentunya dapat menambah pengetahun para pembaca… Selamat membaca…. 🙂 🙂 🙂 🙂

 

Pengertin Ekonomi Manajerial

Penggunaan konsep ekonomi dan metodologi ilmu keputusan untuk memecahkan masalah – masalah keputusan manajerial, yang orientasi akhirnya adalah untuk mencapai suatu pemecahan optimal terhadap suatu masalah – masalah yang ada di dalam suatu keputusan manajerial. Ekonomi manajerial sendiri dapatlah digunakan dalam:

  1. Untuk dapat mengidentifikasikan suatu cara dengan efisien dalam mencapai, pada dasarnya dan pada setiap sasaran perusahaan.
  2. Untuk mengidentifikasikan suatu strategi dalam melakukan penetapan harga dan produksi guna untuk membantu memenuhi tujuan pada jangka pendek yang secara efektif.
  3. Untuk menetapkan alokasi yang lebih optimal dari suatu sumber daya yang dapat digunakan pada kegiatan oprasional suatu perusahaan secara efisien.
  4. Untuk digunakan dalam menentukan penyakit – penyakit yang ada di dalam suatu perusahaan.

Ekonomi manajerial merupakan suatu hal yang relevan bagi suatu manajemn organisasi nirlaba nonbisnis, seperti halnya pada koperasi, instansi pemerintahan, rumah sakit, sekolah dan lembaga sejenis lainnya.

  1. Fungsi: Dapat menyediakan pengetahuan umum bagi suatu manajer pada bidang teori ekonomi, pengetahuan pada keputusan manajemen dan pada suatu kajian administrasi bisnis lainnya.
  2. Definisi: Ekonomi manajerial merupakan suatu aplikasi dari teori ekonomi dan pengetahuan akan alat anaisis dalam menerangkan bagaimana suatu organisasi untuk dapat mencapai suatu tugas atau tujuan secara efisien.
Baca Juga  Ilmu Ekonomi Manajerial: Pengertian, Fungsi dan Tahapan

Tahapan pada proses manajerial untuk dapat sampai pada tahap keputusan dapat melalui beberapa tahap berikut ini, yaitu:

  1. Identifikasi permasalahan atau keputusan yang akan dibuat.
  2. Pernyataan tentang solusi alternatif terhadap permasalahan.
  3. Pilihan terhadap solusi terbaik yang selalu konsisten dengan tujuan perusahaan itu sendiri.

Ekonomi manajerial menerapkan teori dan metode ekonomi dalam bisnis dan dalam pengambilan keputusan alternatif, hal ini dikarenakan menggunakan alat – alat dan teknis analisis ekonomi untuk dapat memecahkan masalah manajerial itu sendiri. Di dalam ekonomi manajerial mengaitkan suatu ekonomi tradisional dengan ilmu keputusan manajerial itu sendiri. Ekonomi manajerial dapat dipergunakan untuk mengidentifikasikan suatu cara untuk secara efisien dapat mencapai setiap sasaran perusahaan yang dituju. Ekonomi manajerial sendiri menggambarkan bagaiana suatu kekuatan ekonomi dapat memengaruhi dan dipengaruhi oleh keputusan – keputusan manajerial. Sehingga dari sinilah ekonomi manajerial menjabarkan logika praktik penetapan harga ini erat kaitannya dalam hal sasaran memaksimalkan laba. Dengan begitulah dapat disimpulkan bahwa keputusan menajerial berlandaskan 2 hal, yaitu: teori ekonomi yaitu pada kerangka teori pengambilan keputusan dan alat serta teknik analisis dalam memecahkan masalah – masalah yang ada di dalam ekonomi manajerial sehingga diperolehah suatu solusi yang optimal.

Perusahaan dan Lingkungan

Pengertian Perusahaan

Perusahaan merupakan suatu organisasi yang mengkombinasikan sumber daya atau faktor produksi untuk pencapaian tujuan dalam menghasilkan barang atau jasa untuk dijual. Suatu perusahan memiliki tujuan atau sasarana utamanya ialah untuk dapat memaksimumkan kekayaan atau nilai suatu perusahaan tersebut. Metode dasar yang ada pada perusahaan diturnkan dari suatu teori perusahaan. Perusahaan pada dasarnya dipandang sebagai suatu sistem atau usaha yang memaksimalkan laba sebagai sasaran utmanya, yaitu: pemilik ataupun manajer perusahaan yang diasumsikan untuk dapat berusaha memaksimumkan laba jangka pendek perusahaan.

Baca Juga  Perusahaan Dan Lingkungan Dalam Ilmu Manajerial

Dalam model selanjutnya sasaran utama perusahaan di pandang sebagai maksimisasi nilai yang diharapkan bukan memaksimisasi laba jangka pendek. Sasaran dalam memaksimisasi nilai yang diharapkan dipandang sebagai tujuan utama bisnis dalam suatu model ekonomi mengenai perilaku suatu perusahaan. Keputusan manajerial kebanyakan dibuat berdasarkan batasan yang sering dikenal dengan teknologi, kelangkaan pada sumber daya yang digunakan, kewajiban suatu kontrak yang dibuat dan batasan – batasan yang ditetapkan pemerintah. Nilai suatu perusahaan merupakan persent value (PV) dari semua profit masa depan yang diharapkan suatu perusahaan , profit yang harus dinilai pada waktu sekarang (πt) merupakan suatu profit yang diharapkan dalam tiap tahun (n) yang dipertimbangkan, (r) merupakan tinngkat discount factot yang digunakan untuk menghitung nilai sekarang dan ( ∑ ) merupakan jumlah pada present discount value dari profit masa datang.

Perusahaan dan Lingkungan

Dalam mengetahui suatu perusahaan dan lingkungannya, terdapat beberapa aspek kajian yang dapat diketahui, yaitu:

  1. Permintaan

Dalam suatu analisis ekonomi permintaan atau demand dapat digunakan dalam menentukan berbagai macam jumlah baranng dan jasa yang diminta oleh konsumen atau disebut dengan single consumer atau juga group consumers atau pembeli, yang ingin dan mampu dibeli pada berbagai macam tingkatan harga. Antara jumlah barang ataupun jasa yang dibeli dengan harga barang tersebut merupakan sebuah fungsi hubungan yang akan diambil keputusannya oleh pembeli. Jadi permintaan itu sendiri berarti jumlah barang atau jasa yang ingin dibeli oleh consumer pada berbagai titentu. Hal tersebut dapat ditunjukan pada demand schedule yaitu skedul permintaan atau juga demand curve yaitu pada kurva permintaan.. sedangkan fungsi permintaan merupakan persamaan yang menunjukkan hubungan antara jumlah permintaan akan sesuatu barang dengan semua faktor – faktor yang mempengaruhinya.

  1. Penawaran

Dalam suatu ilmu ekonomi penawaran dapat digunakan untuk menentukan berbagai jumlah barang dan jasa yang ditawarkan oleh suatu produsen yang ingin menjual suatu produk atau jasa pada berbagai tingkat harga. Antara jumlah barang atau jasa yang akan ditawarkan dengan harga barang tersebut merupakan sebuah fungsi hubungan yang akan diambil keputusannya oleh produsen. Jadi penawaran merupakan jumlah barang atau jasa yang akan dijual oleh produsen pada berbagai tingkatan harga. Informasi tersebut dapat ditujukan oleh supply shedullu atau survey curve. Sedangkan fungsi penawaran merupakan persamaan yang menunjukkan hubungan antara jumlah penawaran akan sesuatu barang atau jasa dengan semua faktor – faktor yang mempengaruhinya.

  1. Mekanisme Harga Di Pasar
Baca Juga  Citra Perusahaan dan Citra Produk: Pengertian serta Faktor - Faktor

Dilihat dalam ilmu ekonomi pasar tidak harus dikaitkan sebagai suatu tempat yang dinamakan pasar di dalam pengertian sehari – hari, dalam hal ini pasar tidaklah harus memiliki wujud fisik yang terlihat. Dalam ilmu ekonomi pasar merupakan dimana saja terjadinya suatu transaksi antar penjual dan pembeli. Jika terjadi suatu transaksi dimanapun maka disitulah adanya pasar, hal ini berarti terdapat persetujuan mengenai harga transaksi dan volum transakis bagi barang atau jasa tersebut. Dua aspek harga dan volum tersebutlah yang menjadi pusat perhatian para ahli ekonomi dalam melakukan analisis suatu pasar.

Demikianlah informasi yang dapat kita sampaikan pada postingan artikel kita kali ini dengan bahasan tentang ” Konsep Dasar Ilmu Ekonomi Manajerial ” … Semoga bahasan yang ada pada postingan artikel kita kali ini dapat menambah wawasan dan dapat bebrmanfaat bagi para generasi milenial yang cerdas mandiri untuk mengetahui lebih banyak informasi lainnya. Stay teruss pada postingan kami selanjutnya, tetap kunjunngi website bisacumlaude.com karena akan selalu ada materi – materi menari lainnnya… 🙂 🙂 🙂 🙂

Berikut Artikel Terkait Lainnya