Analisis Merek Dalam Memasuki Pasar Global

Bisacumlude Haloo haloo haloo haloo para generasi milenial yang cerdas dan mandirii… Jumpa lagi dalam postingan artikel kita kali ini yang tentunya bahasan pada postinngan rtikel kita kali ini, tidak akan kalah menarik dari bahasan – bahasan postingan artikel kita sebelum – sebelumnya, pada postingan artikel kita kali ini, kita akan membahas mengenai ” Analisis Merek Dalam Memasuki Pasar Global ” … Semoga informasi yang kita sampaikan dapat bermanfaat dan tentunya dapat menambah pengetahun para pembaca… Selamat membaca…. πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚

 

 

Analisis terkait brand atau merek lokal yang mam memasuki pasar gelobal serta telah mendunia!

Lebih dari 20 tahun, PT Indofood Sukses Makmur Tbk memperkenalkan Indomie, produk mie instant ke pasar internasional. Kini, lndomie bukan hanya dikenal di negara tetangga dekat seperti Singapura, Malaysia, Hong Kong hingga Taiwan. Namun, Indomie sudah terbang jauh ribuan kilometer, menjangkau lebih dari 80 negara, baik di Eropa, Timur Tengah, Afrika hingga Amerika. Di Sudan dan Libanon, Indomie hampir ada di setiap toko retail dan super market. Bahkan, Indofood juga membangun pabrik di sejumlah negara, seperti di Malaysia, Saudi Arabia, Nigeria, Suria hingga Mesir. Adapun kunci strategi kesuksesan yang dilakukan Indomie dalam menembus pasar global dengan melakukan inovasi, membuat saluran distribusi yang luas, tetap menjaga dan meningkatkan kualitas produknya, value propotion yang dapat tersampaikan kepada konsumen dengan baik serta melakukan pembangunan region office dan pabrik di luar negeri.

Inovasi yang dilakukan Indomie adalah dengan memiliki variasi rasa yang sangat beragam akan tetapi tetap menjunjung cita rasa khas nusantara yaitu dengan menciptakan rasa rendang, iga, penyem, empal bahkan berbagi rasa soto khas beberapa daerah. Saluran distribusi yang luas dengan cara Indomie mendistribusikan produknya dalam jumlah besar ke berbagai macam minimarket dan supermarket di dalam maupun luar negeri. Selain itu, hal yang sangat khas dan tidak kita jumpai dalam strategi distribusi Indomie ini adalah banyak ditemukannya warkop. Menjaga kualitas produk, Walaupun produknya adalah mie instan, Indomie tidak lantas membuat produknya hanya untuk keperluan instan tanpa memperhatikan kandungan dari produknya tersebut. Produk mie instan dari Indomie ini disebut memiliki berbagai kandungan gizi seperti energi, protein, niasin, asam folat, mineral zat besi, natrium, dan berbagai vitamin seperti vitamin A, B1, B6, dan B12. Selain soal keamanan produknya, Indomie menekankan bahwa proses produksi harus sesuai standar internasional. Kemudian, bahan baku yang diperoleh harus dari kebun atau pertanian yang sudah memenuhi standar good coming practice. Indomie juga telah memenuhi persyaratan standar internasional bagi eksportir untuk masuk negara tertentu dalam bentuk sertifikasi ISO 9001: 2008, HACCP (HazardΒ  Analysis & Critical Control Points) dan sertifikat halal. Value Proposition Indomie mampu diterima dengan baik oleh konsumen. Para konsumen Indomie memiliki pandangan bahwa Indomie adalah mie instan yang memiliki bumbu yang konsisten, sangat instan, dan harga yang murah. Hal ini sesuai dengan core capabilities Indomie yaitu consistent seasoning, cheap, and instant. Region Office, Setelah menetapkan tujuan ekspor, langkah cerdas Indomie berikutnya adalah dengan mendirikan regional office di masing-masing negara. Selain itu Indomie juga mendirikan pabrik mereka sendiri di negara tujuan pasar Indomie seperti di Malaysia, Afrika Selatan, Mesir, Nigeria, dan Kenya. Strategi ini berhasil dengan efektif karena dengan cara ini Indomie mampu menghemat biaya dengan signifikan dan meningkatkan awareness masyarakat negara tujuan mereka terhadap Indomie.

Baca Juga  Analisis Kesksesan Merek Lokal Dalam Memasuki Pasar Global

Analisis terkait hal yang menjadi kesuksesan suatu perusahaan di dalam memasuki pasar gelobal!

Perusahan global merupakan perusahaan yang beroprasi dilebih dari satu negara dan memperoleh keunggulan litbang, logistik, pemasaran dan keungan di dalam biaya dan reputasinya yang tidak memilikipesaing – pesaing di dalam negara murni. Perusahaan global tersebut dapat menjalankan, merencanakan dan mengkordinasikan kegiatannya pada seluruh dunia. Dalam hal ini, perusahan Nasional (Indomie, Polygon, Extra Jos, Tolak Angin, Kopiko, Gojek dll) maupun International (Loreal, Samsung, Apple, Danone dll) yang berhasil di dalam memasuki pasar global tidaklah terlepas dari strategi yang diterapkan oleh perusahan – perusahan tersebut. Adapun strategi yang dilakukan oleh perusahaan – perusahaan yang sudah mampu untuk bersaing pada pasar global yaitu dengan melakukan hal – hal berikut: melakukan ekspansi keluar negeri, melakukan pemilihan dan penentuan pasar mana yang ingin dimasuki, mencari cara bagaimana memasuki pasar tersebut, membuat program – program pemasaran yang akan diterapkan dan dijadikan acuan untuk pemasaran perusahan tersebut serta membuat organisasi pemasaran. Tidak hanya strategi tersebut di atas yang dapat dijalankan perusahan – perusahan tersebut untuk dapat memasuki pasar global. Bagi perusahan nasional seperti Indomie, Polygon, Extra Jos, Tolak Angin, Kopiko, Gojek dll memiliki strateginya masing – masing di dalam memasukn pasar global. Seperti halnya yang dilakukan oleh Indomie dengan menggunakan tagline yang menjadi ciri khas indomei β€œ Indomie seleraku mampu membuat perusahaan indofood harus membuat 16 cabang perusahaan untuk dapat memproduksi 15 milyar Indomie pertahunnya, di Afrika sendiri Indomie membuat strategi pemasaran dengan membuat iklan yang berisi anak yang mengkonsumsi Indomie akan menjadi pintar, hal ini juga yang membuat pasar Indomie di negara Afrika sangat berkembang pesat dan menjadi salah satu produk mie yang digemari di negara tersebut. Polygon, Extrajos dan Tolak Anginpun tidak kalah inovasi juga, mereka menggunakan strategi untuk menembus pasar global dengan menggunakan icon iklan mereka dari atlit sepeda sampai dengan atlit sepak bola untuk menembus minat beli konsumen global. Tidak hanya itu juga pemilihan konten iklan yang menari serta kreatif yang dilakuan oleh Kopiko dan Gojek juga mampu menarik perhatian konsumen global, sehingga merek dari perusahaan – perusahan tersebut dapat diterima oleh beberapa negara yang sudah menjadi pasar perusahaan tersebut.

Baca Juga  Memahami Kepuasan Pelanggan dalam Ilmu Pemasaran

Demikianlah informasi yang dapat kita sampaikan pada postingan artikel kita kali ini dengan bahasan tentang ” Analisis Merek Dalam Memasuki Pasar Global ”Β … Semoga bahasan yang ada pada postingan artikel kita kali ini dapat menambah wawasan dan dapat bebrmanfaat bagi para generasi milenial yang cerdas mandiri untuk mengetahui lebih banyak informasi lainnya. Stay teruss pada postingan kami selanjutnya, tetap kunjunngi website bisacumlaude.com karena akan selalu ada materi – materi menari lainnnya… πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚

Berikut Artikel Terkait Lainnya