Pengertian Bauran Pemasaran Tempat dan Promosi

Bisacumlaude Haloo haloo haloo haloo para generasi milenial yang cerdas dan mandirii… Jumpa lagi dalam postingan artikel kita kali ini yang tentunya bahasan pada postinngan rtikel kita kali ini, tidak akan kalah menarik dari bahasan – bahasan postingan artikel kita sebelum – sebelumnya, pada postingan artikel kita kali ini, kita akan membahas mengenai ” Pengertian Bauran Pemasaran Tempat dan Promosi ” .. Semoga informasi yang kita sampaikan dapat bermanfaat dan tentunya dapat menambah pengetahun para pembaca… Selamat membaca…. 🙂 🙂 🙂 🙂

Tempat

Pengertian Tempat

Tempat atau saluran distribusi didefinisikan menurut Fandy Tjiptono dalam bukunya yang berjudul Pemasaran Jasa (2008, p.38) merupakan suatu keputusan distribusi yang menyangkut tentang kemudahan akses – akses yang ada terhadap jasa bagi para konsumen atau pelanggan potensial. Lokasi dan saluran distribusi yang merupakan gabungan dari tempat tersebut dalam melakukan penyampaian jasa suatu perusahaan dapat dijelaskan bahwa lokasi itu berarti memiliki suatu yang berhubungan dengan dimana perusahaan harus beroperasi, dan saluran distribusi adalah saluran yang dapat digunakan oleh produsen di dalam menyalurkan tersebut sampai ke konsumen atau pemakai industri tersebut. Menurut Fandy Tjiptono (2008, p.185) place atau pendistribusian merupakan suatu kegiatan pemasaran yang selalu berusaha untuk memperlancar dan mempermudah penyampaian barang dan jasa dari produsen kepada konsumen tertentu. Lokasi penjualan tersebut dapat berpengaruh terhadap dimensi – dimensi strategik, yakni fleksibilitas, competitive positioning, manajemen permintaan, dan focus strategic. Adapun menurut Fandy Tjiptono (2008) menyatakan bahwa pemilihan lokasi akan memerlukan pertimbangan – pertimbangan seperti:

  1. Akses
Baca Juga  Konsep Propsal Bisnis Baru

     Akses berhubungan dengan kemudahan dalam menjangkau suatu lokasi dan sarana transportasi yang memadaiakan memberikan pengalaman akses yang baik kepada konsumennya tersebut.

  1. Lalu lintas

     Lalu lintas berkaitan dengan suatu tempat atau wilayah yang akan dilalui oleh banyak orang yang dapat memberikan peluang untuk semakin dikenalnya shop atau market tersebut dan diharapkan dapat berpotensi adanya impulse buying, namun jika wilayahnya terlalu padat dan terdapat kemacetan lalu lintas maka akan berpotensi menciptakan hambatan – hambatan pada kemudahan akses terhadap shop atau market tersebut

  1. Tempat parkir

       Tempat parkir yang luas dan aman akan dapat menambah preferensi konsumen untuk melakukan pemilihan terhadap shop ataupun market tersebut.

  1. Fasilitas

       Fasilitas merupakan suatu bentuk sarana untuk dapat melakukan layanan purna jual. Fasilitas yang lengkap pada suatu shop atau market akan dapat menentukan kelancaran pelayanan petugas dalam melakukan pemeliharaan dan perbaikan produk yang akan dibeli oleh konsumen.

  1. Lingkungan

Yakni daerah sekitar yang akan mendukung suatu barang ataupun jasa yang akan ditawarkan oleh penjual terhadap konsumennya tersebut.

Promosi

Pengertian Promosi

Menurut Buchari dan Alma  (2014, p.179), promosi merupakan suatu usaha atau cara yang dilakukan oleh marketer, yang berkomunikasi dengan calon audiens. Komunikasi adalah suatu proses dalam membagi suatu ide, informasi  – informasi atau perasaan audiens. Sedangkan menurut Fandy Tjiptono (2008, p.219) promosi merupakan suatu aktivitas – aktivitas yang terjadi di dalam pemasaran yang berusaha untuk melakukan penyebarkan informasi – informasi, mempengahuhi atau membujuk atau mengingatkan pasar sasaran atas perusahaan dan produknya agar konsumen tersebut pada akhirnya akan bersedia menerima, membeli serta loyal pada produk yang akan ditawarkan. Adapun beberapa indilkator – indikator di dalam melakukan promosi dimana antara lain :

  1. Media promosi, suatu media atau tempat yang digunakan oleh penjual untuk memberikan informasi – informasi dalam memperkenalkan dan mengajak konsumen untuk memilih atau melakkukan proses pembelian terhadap barang yang ditawarkannya tersebut.
  2. Isi pesan, hal ini berkaitan dengan konten yang akan dibuat penjual yang berisi tentanng informasi – informasi dan manfaat yang terdapat di dalam suatu produk yang akan ditawarkannya tersebut.
  3. informasi, informasi berkaitan dengan komposisi suatu produk, manfaat suatu produk ataupun cara pakai suatu produk untuk memudahkan konsumen dalam menggunakan produk tersebut.
  4. Tenaga penjualan, berkaitan dengan bagaimana si pejual menuangkan ide atau gagasan atau tenaganya untuk menarik konsumen untuk membeli suatu produk tersebut.
Baca Juga  Strategi Promosi dan Keputusan Pembelian Konsumen

Dari definisi di atas dapat disimpulkan bahwa promosi merupakan suatu proses komunikasi antara produsen dan konsumennya mengenai keberadaan dari suatu produk barang dan jasa tertentu, yang dapat meyakinkan, membujuk, dan mengingatkan kembali akan suatu produk barang dan jasa tersebut sehingga hal tersebut dapatlah mempengaruhi sikap dan perilaku konsumen yang akan mengarah kepada pertukaran di dalam melakukan sistem pemaasaran.

Tujuan Promosi

Adapun tujuan yang dilakukan di dalam kegiatan promosi suatu barang atau jasa menurut Fandy Tjiptono dalam bukunya yang berjudul Strategi Pemasaran (2008, p.221), sebagai berikut:

  1. Menginformasikan (Informing) Menginformasikan dapat berupa:
    1. Menginformasikan pasar mengenai keberadaan suatu produk barang ataupun jasa tertentu.
    2. Memperkenalkan cara pemakaian yang baru dari suatu produk barang atau jasa tertentu.
    3. Menyampaikan perubahan harga kepada konsumen.
    4. Menjelaskan cara kerja suatu barang atau jasa tertentu.
    5. Menginformasikan suatu jasa – jasa yang disediakan oleh penjual.
    6. Meluruskan kesan yang ada terhadap suatu barang atau jasa tertentu.
    7. Mengurangi ketakutan atau kekhawatiran akan suatu produk barang atau jasa tertentu.
    8. Membangun citra dari suatu produk barang atau jasa tertentu.
  1. Membujuk (Persuading) Membujuk dapat berupa:
    1. Membentuk pilihan akan suatu produk barang atau jasa tertentu.
    2. Mengalihkan pilihan ke merek suatu produk barang atau jasa tertentu.
    3. Mengubah akan persepsi pelanggan terhadap atribut – atribut pada produk barang atau jasa tertentu.
    4. Mendorong melakukan pembeli untuk belanja pada saat itu.
    5. Mendorong pembeli untuk menerima kunjungan salesman.

 

Dengan memperhatikan hal diatas maka dibutuhkan persiapan ataupun sarana promosi agar apa yang di inginkan perusahaan dapat memenuhi sasaran dan efisien. Sarana promosi dapat berupa :

Iklan

Semua bentuk penyajian non personal, promosi ide-ide,promosi barang produk atau jasa yang dilakukan oleh sponsor tertentu yang dibayar.

Baca Juga  Memahami Pentingnya Pelatihan Kerja Pada Karyawan

Promosi Penjualan

Kegiatan pemasaran yang mendorong pembelian konsumendan efektivitas pengecer. Kegiatan-kegiatan tersebut antara lain :peragaan, pertunjukkan dan pameran, demonstrasi.

Publisitas

Pendorong permintaan secara non pribadi untuk suatuproduk, jasa atau ide dengan menggunakan berita komersial didalam media massa dan sponsor tidak dibebani sejumlah bayaransecara langsung.

Personal selling

Presentasi lisan dalam suatu pembicaran dengan satu atau beberapa pembeli dengan tujuan untuk menciptakan penjualan.

Demikianlah informasi yang dapat kita sampaikan pada postingan artikel kita kali ini dengan bahasan tentang ” Pengertian Bauran Pemasaran Tempat dan Promosi ” … Semoga bahasan yang ada pada postingan artikel kita kali ini dapat menambah wawasan dan dapat bebrmanfaat bagi para generasi milenial yang cerdas mandiri untuk mengetahui lebih banyak informasi lainnya. Stay teruss pada postingan kami selanjutnya, tetap kunjunngi website bisaculaude.com karena akan selalu ada materi – materi menari lainnnya… 🙂 🙂 🙂 🙂

Berikut Artikel Terkait Lainnya