Manfaat Yang Ada Dalam Beretiket

Bisacumlude Haloo haloo haloo haloo para generasi milenial yang cerdas dan mandirii… Jumpa lagi dalam postingan artikel kita kali ini yang tentunya bahasan pada postinngan rtikel kita kali ini, tidak akan kalah menarik dari bahasan – bahasan postingan artikel kita sebelum – sebelumnya, pada postingan artikel kita kali ini, kita akan membahas mengenai ” Manfaat Yang Ada Dalam Beretiket ” .. Semoga informasi yang kita sampaikan dapat bermanfaat dan tentunya dapat menambah pengetahun para pembaca… Selamat membaca…. 🙂 🙂 🙂 🙂

Etiket

Istilah etiket berasal dari kata Prancis etiquette yanng memilliki arti kartu undangan, yang lazim dipakai oleh raja – raja Prancis dalam mengadakan suatu pesta. Dalam perkembangan berikutnya, istilah etiket mengalami perubahan bukan lagi memiliki art kartu undangan yang dipakai raja – raja dalam mengadakan pesta. Pada saat ii istilah etiket lebih menitik beratkan pada bagaimana cara – cara berbicara yang sopan, cara berpakaian yang sopan, cara duduk serta cara bagaimana menerima tamu di rumah maupun di kantor serta sopan santun lain sebagainya. Jadi, dewasa ini etiket memiliki arti suatu aturan sopan santun yang digunakan di dalam pergaulan sehari – hari. Dalam pergaulan hidup, etiket merupakan suatu atat cara dan juga suatu tata krama yang baik di dalam menggunakan bahasa mauoun di dalam bertingkah laku. Etiket juga merupakan suatu sekumpulan peraturan – peraturan kesopanan yang tidak tertulis, namun sangat penting sekali untuk diketahui oleh semua orang yang ingin mencapai suatu kesuksesan dalam suatu perjuangan hidup yang sangat penuh dengan persaingan – persaingan yang ada.

Baca Juga  Etika Dalam Pergaulan

Etika juga mrupakan suatu aturan – aturan yang konvensional mengenai tentang tingkah laku seorang individual yang berada di dalam lingkungan masyarakat beradab, merupakan suatu tata cara formal ataupun tata krama lahiriah yang digunakan dalam mengatur relasi antar pribadi, sesuai dengan status sosial masing – masing seoranng individu tersebut. Etiket juga didukung oleh berbagai macam nilai, yaitu antara lain:

  1. Nilai – nilai yang ada pada kepentingan umum.
  2. Nilai – nilai yang ada pada kejujuean, keterbukaan dan nilai kebaikan.
  3. Nilai – nilai yang ada pada kesejahteraan.
  4. Nilai – nilai tentang suatu kesopanan serta harga menghargai.
  5. Nilai – nilai diskresi atau pertimbangan penuh pemikiran yang mampu membedakan sesuatu yang patut dirahasiakan serta yang boleh dikatakan ataupun tidak dirahasiakan.

Dikatakan bahwa etiket merupakan suatu kumpulan – kumpulan cara dan sifat perbuatan yang lebih bersifat jasmaniah atau lahiriah saja. Etiket juga sering disebut dengan tata krama yaitu suatu kebiasaan sopan santun yang disepakati di dalam lingkungan pergaulan yang terjadi interaksi antar manusia setempat. Tata sendiri memiliki arti adat, norma, pearturan dan aturan. Sedangkan krama sendiri memiliki arti sopan santun,  kelakuan, perbuatan, tindakan dan bahasa yanng taklim. Etika menunjukan keseluruhan sikap yang ada pada manusia yang bersifat jasmaniah maupun yang bersifat rohaniah. Kesadaran manusia akan baik dan buruk disebut dengan kesadaran etis atau kesadaran moral. Adapun beberapa definisi dari etiket adalah, sebagai berikut:

  1. Etiket merupakan suatu kumpulan tata cara dan sikap yang baik yang ada di dalam pergaulan yang terjadi pada hubungan antar manusia yang memiliki adab.
  2. Etiket merupakan suatu tata krama, sopan santun ataupun sebuah aturan – aturan yang disetujui oleh suatu masyrakat tertentu yang menjadi norma serta menjadi sebuah anutan di dalam bertingkah laku.
  3. Etiket merupakan suatu tata peraturan dalam pergaulan yang disetujui oleh masyrakat tertentu dan menjadi norma dan menjadi suatu anutan dalam bertingkah laku di dalam anggota masyarakat.
Baca Juga  Kode Etik Profesi Dalam Etika Profesi

Dari ketiga definisi yang telah dijabarkan di atas dapatlah disimpulkan bahwa etiket merupakan suatu tata aturan pergaulan yang disetujui di dalam masyarakat tertentu dan menjadi norma serta anutan di dalam bertingkah laku pada anggota masyarakat tersebut. Sedangkan di dalam buku Diskusi Custumer Service Group (CSG) dan Allround Teller yang diterbitkan oleh Urusan Operasional Kantor Pusat BRI, menjelakan bahwa etiket merupakan ketentuan yang tidak tertulis yang mengatur tindak dan gerak manusia yang berkaitan dengan:

  1. Sikap dan perilaku, yaitu bagaimana bersikap dan berprilaku dalam menghadapi suatu kondisi.
  2. Ekspresi wajah, yaitu bagaimana raut muka yang harus ditampilkan di dalam menghadapi suatu situasi.
  3. Penampilan, yaitu sopan santun mengenai cara menampilkan diri sendiri, ex: cara duduk, cara berdiri, ekspresi wajah yang tidak dibuat – buat dan lainnya.
  4. Cara berpakaian, yaitu cara mengatur tentang sopan santun di dalam mengenakan pakaian, baik itu menyangkut gaya brepakaian, tata warna, keserasian model pakaian dan lain sebagainya.
  5. Cara berbicara, yaitu tata cara atau sopan santun dalam berbicara baik secara langsung maupun secara tidak langsung.
  6. Gerak – gerik, yaitu sopan santun di dalam gerak – gerik badan di dalam berbicara secara langsung ataupun saat berhadapan dengan orang lain.

Manfaat Beretiket

Manfaat beretiket yaitu menjalin hubungan yang baik dengan tamu, karena jika kita telah menerapkan etiket di dalam melayani tamu yang ada, maka tamu tersebut akan merasa dirinya diperhatikan dan juga dihargai oleh kita. Dengan demikianlah akan terjalin rasa yang saling menghargai dan akan terjalin hubungan yang baik yang akan terbina antara lain:

  1. Dapat memupuk persahabatan, hal ini akan berdampak terhadap diri kita yang akan mampu di terima di dalam suatu pergaulan tersebut.
  2. Akan mampu dan dapat menyenangkan serta dapat memuaskan orang lain yang berada di sekitar lingkungan kita di dalam suatu pergaulan.
  3. Untuk dapat tidak menyingggung dan menyakiti hati atau perasaan orang lain di dalam suatu interaksi pergaulan.
  4. Untuk membina dan untuk dapat terus menjaga suatu hubungan baik di dalam pergaulan.
  5. Untuk dapat dengan mudahnya menarik klien baru.
  6. Dapat membujuk serta dapat mempertahankan klien yang sudah lama.
Baca Juga  Perusahaan dan Karyawan: Kode Etik

Perbedaan Etika dan Etiket

Etika dan etiket memiliki berbagai macam perbedaan, antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Etiket dengan menggunakan cara sedangkan pada etika dilihat dari niatnya.
  2. Etiket sebagai bentuk formalitas akan apa yang dikerjakan sedangkan etika berasal dari dalam nurani seseorang dalam melakukan sesuatunya.
  3. Etiket bersifat relatif sedangkan di dalam etika memiliki sifat yang mutlak (benar/salah).

Etiket bersifat lahiriah yang hanya terlihat berwujud nyata dan penampilan sedangkan etika bersifat batiniah yang menyangkut sifat batin dan hati nurani dari seseorang.

Demikianlah informasi yang dapat kita sampaikan pada postingan artikel kita kali ini dengan bahasan tentang ” Manfaat Yang Ada Dalam Beretiket ” … Semoga bahasan yang ada pada postingan artikel kita kali ini dapat menambah wawasan dan dapat bebrmanfaat bagi para generasi milenial yang cerdas mandiri untuk mengetahui lebih banyak informasi lainnya. Stay teruss pada postingan kami selanjutnya, tetap kunjunngi website bisacumlaude.com karena akan selalu ada materi – materi menari lainnnya… 🙂 🙂 🙂 🙂

Berikut Artikel Terkait Lainnya