Analisis Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian

Bisacumlude Haloo haloo haloo haloo para generasi milenial yang cerdas dan mandirii… Jumpa lagi dalam postingan artikel kita kali ini yang tentunya bahasan pada postinngan rtikel kita kali ini, tidak akan kalah menarik dari bahasan – bahasan postingan artikel kita sebelum – sebelumnya, pada postingan artikel kita kali ini, kita akan membahas mengenai ” Analisis Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian ” .. Semoga informasi yang kita sampaikan dapat bermanfaat dan tentunya dapat menambah pengetahun para pembaca… Selamat membaca…. šŸ™‚ šŸ™‚ šŸ™‚ šŸ™‚

 

 

Latar Belakang Masalah

Perkembangan bisnis di era globalisasi telah berkembang sangat pesat dan mengalami metamorfosis yang berkesinambungan. Setiap pelaku usaha di tiap kategori bisnis dituntut untuk memiliki kepekaan terhadap setiap perubahan yang terjadi dan menempatkan orientasi kepada kepuasan pelanggan sebagai tujuan utama Kotler dan KellerĀ  (2009, p.140). Tidak terkecuali usaha dalam penyajian makanan dan minuman (food service) yang dimulai dari skala kecil seperti warung-warung dan cafe tenda; bisnis makanan berskala menengah seperti depot, rumah makan dan cafe; sampai dengan bisnis makanan yang berskala besar seperti restoran-restoran di hotel berbintang.Banyaknya pelaku bisnis di bidang sejenis juga akan berdampak pada semakin meningkatnya kuantitas produk di pasar. Dengan meningkatnya kuantitas produk dan pelaku bisnis di pasar, maka tingkat persaingan telah pula menjadi salah satu topik permasalahan bisnis sehari-hari. Untuk itu pula, tingkat persaingan akan semakin meningkat tajam dari tahun ke tahun dan di masa-masa yang akan datang.

Melihat kondisi tersebut, maka penting bagi perusahaan untuk memikirkan langkah-langkah yang harus ditempuh agar kelangsungan usahanya dapat terus berjalan, bahkan kalau mungkin ditingkatkan lebih baik dari sekarang untuk menghadapi pesaing yang lebih kompetitif. Oleh karenanya perusahaan dituntut untuk dapat melakukan suatu strategi pemasaran yang betul-betul dipandang penting untuk kelangsungan dan keberhasilan kehidupan setiap organisasi. Setiap perusahaan selalu ingin berkembang dan pada hakekatnya bertujuan untuk memperoleh laba. Untuk dapat berkembang dan mencapai tujuan tersebut, perusahaan harus mampu menyesuaikan diri dengan lingkungannya, maka dibutuhkan suatu strategi pemasaran yang tepat. Seperti halnya dalam manajemen pemasaran merupakan suatu cara paling penting untuk meningkatkan kapabilitas perusahaan dalam memenuhi tuntutan perekonomian.

Manajemen pemasaran merupakan pondasi perusahaan yang ditujukan untuk dapat mengatisipasi berbagai macam perubahan baik positif atau negatif yang dapat mempengaruhi keberhasilan suatu perusahaan dalam mencapai suatu tujuan. Salah satu cara yang dilakukan dengan maksud untuk mencari sebab kegagalan atau keberhasilan yang telah dialami sehingga dapat dijadikan pedoman atau tindakan lebih lanjut. Semakin berkembangnya bisnis kopi di Indonesia berdampak pada perkembangan berbagai jenis usaha coffee shop yang semakin bertambah jumlahnya menjadi bukti ketatnya persaingan industri bisnis. Disamping coffee shop dijadikan sebagai tempat untuk minum teh atau kopi dan menyantap makanan ringan, para pelanggan juga melihat ada banyak peluang dan manfaat yang mereka dapatkan saat berkunjung ke coffee shop sebagai tempat berkumpul, bersosialisasi, berkencan, bertukar pikiran, memperluas jaringan, dan bahkan menjadi salah satu tempat untuk melakukan prospecting business antar eksekutif.

Baca Juga  Contoh Skripsi Bauran Pemasaran: Latar Belakang

Coffee atau kopi dalam bahasa Indonesia secara luas dikenal sebagai minuman stimulan yang dibuat dari biji kopi. Saat ini kopi adalah salah satu minuman yang paling terkenal didunia. Tanaman kopi bukan tanaman asli Indonesia, melainkan jenis tanaman yang berasal dari benua Afrika. Kopi dapat dinikmati oleh hampir semua kelompok usia sebagai energy pendorong, kopi juga menjadi tanaman komersial karena kopi adalah andalan ekonomi dari banyak Negara. Saat ini kopi merupakan bahan ekspor yang sangat penting seperti data tahun 2004 yang menunjukkan kopi merupakan komoditi ekspor utama di 12 negara dan ditahun 2005 menjadikan kopi sebagai penghasil devisa nomor 7 dari hasil pertanian dunia. Kopi Indonesia saat ini dilihat dari hasilnya, menempat peringkat keempat terbesar di dunia. Kopi memiliki sejarah yang panjang dan memiliki peranan penting bagi pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Indonesia diberkati dengan letak geografisnya yang sangatlah cocok bagi tanaman kopi. Letak Indonesia sangat ideal bagi iklim mikro untuk pertumbuhan dan produksi kopi. Kopi salah satu jenis minuman global yang dicintai oleh sebagian besar umat manusia dan memang sudah menjadi bagian dari gaya hidup. Untuk menemukan minuman berwarna pekat tersebut tidaklah sulit, dari mulai warung pinggir jalan, cafe, sampai restoran mewah maupun hotel berbintang pasti menyediakan kopi dengan variasi jenis dan harga yang berbeda. Kepopuleran kopi juga membawa dampak terhadap perkembangan bisnis, karena kini semakin banyak coffee shop atau cafe yang menjamur diwilayah ibu kota. Di Bandar Lampung sendiri tercatat ada kurang lebih 100 coffee shop atau cafe.

Berkembangnya coffee shop di Bandar Lampung sangat pesat hal ini tidak terlepas dari banyaknya petani kopi di Lampung dan juga banyak nya permintaan konsumen sehingga membuat pembisnis coffee shop mempunyai peluang untuk menjangkau pasar di Bandar Lampung khususnya. Yellow Truck coffee yang berada di Jl. ZA.Pagar Alam Bandar Lampung merupakan salah satu cofee shop yang ingin memenuhi keinginan dan kebutuhan konsumennya. Coffee shop ini menyediakan bermacam-macam jenis kopi dan waffle. Ada beberapa pesaing yang di hadapi Yellow Truck Coffee dalam menjalankan bisnisnya antara lain dā€™ells coffee, ulubelu coffee, red coffee,Ice Coffe dan masih banyak lagi yang tersebar di kota Bandar Lampung.

Yellow Truck Coffee yang didirikan pada Januari 2016 merupakan coffee shop yang menawarkan bermacam-macam jenis kopi dan waffle. Selain itu, coffee shop ini juga menawarkan jenis makanan lain serta minuman yang dapat dipesan melalui daftar menu. Yellow Truck Coffe merupakan salah satu coffee shop yang menghadapi ketatnya persaingan bisnis coffee shop pada saat ini. Dengan banyaknya Cafee dan Cofee Shop yang bermunculan di Bandar Lampung membuat konsumen memiliki pertimbangan-pertimbangan tertentu karena setiap konsumen memiliki kebutuhan dan keinginan yang berbeda mengenai produk yang akan dibeli. Konsumen yang merasa puas diharapkan melakukan tindakan pembelian, pembelian ulang dan bahkan memberitahukannya kepada orang lain.

Baca Juga  Promosi dan Tempat Marketing: Definisi dan Tujuan

Yellow Truck Coffe harus memahami kondisi pasar agar tidak tertinggal dalam persaingan. Hal ini kemudian mendorong pebisnis untuk berusaha memberikan ciri-ciri tersendiri pada produknya, agar produknya dapat bersaing di pasar dan meningkatkan volume penjualan Yellow Truck Coffe. Untuk menanggapi situasi sepeti yang diuraikan diatas maka perusahaan harus mempunyai strategi pemasaran dan juga pemahaman atas perilaku konsumen dalam memutuskan dan memilih barang atau jasa. Agar para produsen dapat mengetahui dengan sebenarnya apa yang menjadi kebutuhan dalam keinginan konsumen tersebut. Salah satunya dengan strategi pemasaran yang dimiliki perusahaan untuk menarik calon pembeli sesuai yang diuraikan oleh Buchari Alma,(2014,Ā  p.205) Marketing mix adalah strategi mencampur kegiatan-kegiatan marketing, agar dicari kombinasi maksimal sehingga mendatangkan hasil yang paling memuaskan sehingga perusahaan menguasai pasar demikian pula halnya yang dilakukan oleh Yellow Truck Coffe. Yellow Truck Coffe yang baru 5 bulan berdiri ini belum banyak mengalami peningkatan pengunjung yang dikarenakan kurangnya informasi konsumen tentang Yellow Truck Coffe tersebut dan banyaknya competitor ā€“ competitor pada bidang sejenis yang membuat rendahnya pengunjung Yellow Truck Coffe meskipun terjadi peningkatan pengunjung setiap bulannya.

Terjadinya peningkatan pengunjung Yellow Truck Coffe setiap bulannya. Akan tetapi, peningkatan pengunjung yang terjadi pada Yellow Truck Coffe belum meningkat secara signifikan dikarenakan beberapa faktor yang membuat konsumen belum melakukan keputusan pembelian pada Yellow Truck Coffe. Dalam meningkatkan penjualan pada Yellow Truck Coffe di perlukannya strategi yang tepat untuk meningkatkan volume penjualan. Strategi untuk mencapai target penjualan dikenal dengan sebutan marketing mix, karena strategi tersebut digunakan untuk mempengaruhi konsumen dalam membeli suatu produk. Hal tersebut sesuai dengan teori yang disampaikan Buchari Alma (2014, p.205) dalam bukunya Manajemen pemasaran Dan pemasaran Jasa, mendefinisikan Marketing Mix merupakan strategi mencampur kegiatan kegiatan marketing, agar di cari kombinasi maksimal sehingga mendatangkan hasil paling memuaskan.

Dalam menentukan strategi ini ada hal-hal yang perlu diperhatikan yaitu produk atau jasa yang sedang ditawarkan dimana produk yang ditawarkan tersebut harus dapat meningkatkan keyakinan konsumen untuk membeli. Dimana pada gerai Yellow Truck Coffee Ā belum terdapat produk kopi unggul yang menjadikan ciri khas dari produk kopi yang ditawarkan oleh Yellow Truck Coffee tersebut

Harga Merupakan suatu nilai dari produk atau jasa yang harus dibayar dan cara-cara / syarat-syarat yang berhubungan dengan penjualannya. Dimana harga dari produk tersebut harus sesuai dengan produk yang ditawarkan. Semakin mahal harga dari Ā suatu produk, harus semakin baik pula kualitas produk tersebut. Harga kopi yang di tawarkan Yellow Truck Coffee Ā tergolong terjangkau seperti halnya gerai-gerai kopi yang ada di Bandar Lampung namum tidak sesuai dengan kuantitas produk yang tawarkan. Hal ini dibuktikan dengan pra observasi yang telah dilakukan, peneliti menemukan bahwa konsumen mengeluhkan hal-hal tersebut.

Tempat atau LokasiĀ  MerupakanĀ  posisi diĀ  manaĀ  suatuĀ  usahaĀ  atauĀ  aktivitasĀ  usaha dilakukan. Tempat atau Lokasi juga tidak hanya merepresentasikan kenyamanan yang akan didapat oleh konsumen, melainkan juga kemudahan akses lalu lintas serta fasilitas yang di sediakan. Seperti halnya tempat parkir pada Yellow Truck Coffee, Ā tempat parkir yang di sediakan tergolong kurang memadai karena tidak jarang konsumen memarkir kendaraan khususnya mobil di bahu jalan sehingga mengganggu arus lalulintas. Hal ini menjadikan masalah dan tidak jarang konsumen mengeluhkan hal tersebut dan mengurungkan niat untuk berkunjung, karena dimana konsumen khususnya pembeli kopi akan meluangkan waktu yang lama untuk menikmati kopi yang telah di beli.

Baca Juga  Contoh Latar Belakang Skrpsi Analisis Persepsi Konsumen

Promosi yang menyeluruh kepada seluruh lapisan masyarakat akan sangat mempengaruhi keputusan konsumen untuk membeli suatu produk. Promosi kopi pada Yellow Truck Coffee Ā sudah mulai di lakukan melalui media sosial tetapi pelaku usaha kurang memperhatikan kembali ide ā€“ ide yang menarik dalam promosinya sehingga membuat konsumen nantinya akan tertarik untuk berkunjung pada Yellow Truck Coffee. Pada yellow truck coffee pun belum memaksimalkan strategi ini. Hal ini terbukti dari prasurvey peneliti mewawancarai salah satu karyawan mengatakan promosi yang di lakukan Yellow Truck Coffee masih sebatas media sosial saja hal ini menjadi kekurangan dari Yellow Truck Coffee karena belum semua masyarakat Bandar Lampung menggunakan media internet.

Keputusan Pembelian merupakan sebuah pendekatan penyelesaian masalah pada kegiatan manusia untuk menentukan sikap dalam melakukan pembelian barang atau jasa guna memenuhi keinginan dan kebutuhannya yang terdiri dari pengenalan masalah, pencarian informasi, alternatif pembelian, keputusan pembelian dan perilaku setelah membeli. Kurangnya loyalitas konsumen pada kopi Yellow Truck Coffee Ā bersumber dari beberapa faktor antaralain permasalahan pada produk kopi Yellow Truck Coffee Ā yang belum memiliki Produk kopi unggul yang menjadikan cirikhas coffee shop Ā terebut, Harga yang tidak sesuai dengan kuantiti produk yang ada, Tempat lahan parkir yang kurang memadai menjadi pertimbangan tersendiri oleh konsumen, serta ide promosi yang kurang fresh. Hal itu berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen pada Yellow Truck Coffee.

Berdasarkan uraian permasalahan di atas, peneliti tertarik untuk mengangkat judul ā€˜ā€™ PENGARUHĀ  PRODUK, HARGA ,TEMPAT DAN PROMOSIĀ  TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOPI PADA YELLOW TRUCK COFFEE BANDAR LAMPUNG.

Demikianlah informasi yang dapat kita sampaikan pada postingan artikel kita kali ini dengan bahasan tentang ” Analisis Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian ”Ā … Semoga bahasan yang ada pada postingan artikel kita kali ini dapat menambah wawasan dan dapat bebrmanfaat bagi para generasi milenial yang cerdas mandiri untuk mengetahui lebih banyak informasi lainnya. Stay teruss pada postingan kami selanjutnya, tetap kunjunngi website bisacumlaude.com karena akan selalu ada materi – materi menari lainnnya… šŸ™‚ šŸ™‚ šŸ™‚ šŸ™‚

Berikut Artikel Terkait Lainnya