Teori Bauran Produk : Pengertian, Tingkatan Produk, Strategi Produk

Bisacumlude Haloo haloo haloo haloo para generasi milenial yang cerdas dan mandirii… Jumpa lagi dalam postingan artikel kita kali ini yang tentunya bahasan pada postinngan rtikel kita kali ini, tidak akan kalah menarik dari bahasan – bahasan postingan artikel kita sebelum – sebelumnya, pada postingan artikel kita kali ini, kita akan membahas mengenai ” Teori Bauran Produk : Pengertian, Tingkatan Produk, Strategi Produk ” .. Semoga informasi yang kita sampaikan dapat bermanfaat dan tentunya dapat menambah pengetahun para pembaca… Selamat membaca…. 🙂 🙂 🙂 🙂

Pengertian Produk

Menurut Kotler & Keller (2009, p.4) produk adalah segala sesuatu yang dapat di tawarkan kepada pasar untuk dapat memuaskan suatu keinginan atau kebutuhan konsumen, termasuk barang fisik, jasa, pengalaman, acara, orang, tempat, property, organisasi, informasi, ide dan lain sebagainya.

Tingkatan Produk

Menurut Kotler & Keller (2009, p.4) dalam merencanakan suatu tawaran pasarnya, pemasar harus dapat melihat lima tingkat produk yang dimana pada setiap tingkat dapat menambah nilai pelangan yang lebih besar, dan kelimanya merupakan bagian dari herarki pelanggan (customer-value hierarchy) yang dapat dibagi menjadi lima tingkatan yaitu, sebagai berikut:

  1. Pada tingakat dasar manfaat inti (core product) yaitu berupa layanan atau manfaat yang sangat mendasar yang sesungguhnya dibeli pleh pelanggan. Pemasar harus memandang dirinya sebagai penyedia manfaat tersebut.
  2. Pada tingkat kedua, pemasar harus mengubah manfaat inti menjadi produk dasar (basic product) yaitu karakteristik yang dimiliki oleh suatu produk tersebut, yang berupa mutunya, corak, atau ciri – ciri khasnya, mereknya dan kemasannya.
  3. Pada tingkat ketiga pemasar dapat mempersiapkan produk yang diharapkan (expected product) yaitu pada beberapa atribut dan kondisi yang biasanya diharapkan pembeli ketika mereka akan membeli produk ini.
  4. Pada tingkat keempat, pemasar dapat menyiapkan suatu produk yang ditingkatkan (augmented product) yaitu dapat menggambarkan suatu kelengkapan atau penyempurnaan dari suatu produk inti yang dapat melampaui harapan para pelanggan.
  5. Tingkat kelima adalah produk potensial (potential product) yaitu meliputi segala kemungkinan – kemungkinan dalam peningkatan dan perubahan yang mungkin akan dialami oleh suatu produk atau tawaran tersebut pada masa yang akan datang.
Baca Juga  Teori Tempat dan Promosi: Pengertian, Tujuan serta Indikator

Strategi Bauran produk

Menurut Tjiptono & Chandra (2012, p.106) merupakan suatu bentuk strategi korporat yang dapat memberikan arahan dari bagi organisasi melalui penetapan produk general dan lingkup pasar yang dilayani tersebut. berdasarkan lingkup tersebut, perusahaan bias menentukan kapan harus berinfestasi dan kapan harus mengembangkan unit usaha yang sejalan dengan strategi keseluruhan dan kapan harus menciutkan, memangkas atau menghentikan produk atau bidang usaha yang tidak sesuai dengan strategi perusahaaan tersebut. strategi bauran produk menentukan dua hal berikut, yaitu:

  1. Tujuan yang harus ditetapkan untuk masing – masing produk atau bisnis agar bias mewujutkan tujuan yang ada pada perusahaan tersebut.
  2. Prioritas produk atau bisnis dalam kaitannya dengan suatu alokasi yang ada pada sumber daya yang langka.

 

Hierarki Produk

Menurut Kotler & Keller (2009, p.15) hierarki produk merupakan hal yang membentang dari kebutuhan dasar sampai barang tertentu yang dapat memuaskan kebutuhan tersebut. Kita dapat mengidentifikasi enam tingkat hierarki produk, dengan menggunakan asuransi jiwa sebagai contohnya, berikut ini :

  1. Keluarga kebutuhan (need family) kebutuhan inti yang mendasari keberadaan kelaurga produk. Contohnya saja : keamanan
  1. Keluarga produk (product family) semua kelas produk yang dapat memuaskan kebutuhan inti dengan efektivitas yang masuk akal. Contohnya saja : tabungan dan penghasilan.
  2. Kelas produk (product class) kelompok produk didalam keluarga produk yang dikenal memiliki fungsional tertentu yang koheren. Contohnya saja : instrumen keuangan.
  3. Lini produk (product lini) kelompok produk didalam kelas produk yang berhubungan erat karena mempunyai fungsi yang serupa, dijual kepada kelompok pelanggan yang tertentu. Contoh : asuransi jiwa
  4. Jenis produk (peoduct type) sekelompok barang di dalam lini produk yang berbagi satu dari beberapa kemungkinan bentuk produk. Contohnya saja : asuransi jiwa berjangka.
  5. Barang (item) disebut juga unit peyimpanan stok (stockkeeping unit) atau varian produk (product variant) unit yang berbeda di dalam lini produk atau merek yang dibedakan berdasarkan ukuran, harga, tampilan, atau beberapa atribut lain. Misalnya asuransi jiwa berjangka prudential yang dapat di perbarui.
Baca Juga  Teori Harga: Definisi, Indikator, Peran dan Tujuan

Bauran Produk

Menurut Kotler & Keller (2009, p,15) bauran produk disebut juga sebagai pilihan yang ada pada suatu produk (product assortment) yang merupakan suatu kumpulan semua produk dan barang ataupun jasa yang di tawarkan untuk di jual oleh penjual tertentu, bauran produk terdiri dari berbagai lini produk, bauran produk perusahaan mempunyai lebar, panjng, kedalaman dan konsistensi tertentu.

Indikator Bauran Produk

Menurut tjiptono (2008, p.103) indikator produk adalah suatu bentuk unsur – unsur produk yang dipandang penting oleh seorang konsumen dan dijadikan dasar untuk melakukan suatu pengambilan keputusan dalam pembelian. atribut yang ada pada produk dapat meliputi merek, kemasan, jaminan (garansi), pelayanan.

  1. Merek merupakan nama, istilah, tanda, simbol ataupun lambing, desain, warna, gerak, atau kombinasi atribut – atribut yang ada pada produk lainnya yang diharapkan dapat memberikan identitas dan difrensiasi terhadap produk pesaing tersebut.
  2. Kemasan pengemasan (packaging) merupakan suatu bentuk proses yang berkaitan dengan perancangan dan pembuatan wadah (container) atau pembungkus (wrapper) untuk suatu produk tertentu.
  3. Pemberian label (labeling): berkaitan dengan pengemasan. Lebel merupakan suatu bagian dari suatu produk yang menyampaikan informasi mengenai produk dan penjual.
  4. Jaminan(garansi) jaminan adalah janji yang merupakan kewajiban produsen atas produknya kepada konsumen.

Demikianlah informasi yang dapat kita sampaikan pada postingan artikel kita kali ini dengan bahasan tentang ” Teori Bauran Produk : Pengertian, Tingkatan Produk, Strategi Produk ” … Semoga bahasan yang ada pada postingan artikel kita kali ini dapat menambah wawasan dan dapat bebrmanfaat bagi para generasi milenial yang cerdas mandiri untuk mengetahui lebih banyak informasi lainnya. Stay teruss pada postingan kami selanjutnya, tetap kunjunngi website bisacumlaude.com karena akan selalu ada materi – materi menari lainnnya… 🙂 🙂 🙂 🙂

Baca Juga  Bauran Pemasaran: Penetapan Harga

 

Berikut Artikel Terkait Lainnya