Pengaruh Working Capital Management  Terhadap Rentabilitas Ekonomi dan Kinerja Perusahaan

Bisacumlaude Haloo haloo haloo haloo para generasi milenial yang cerdas dan mandirii… Jumpa lagi dalam postingan artikel kita kali ini yang tentunya bahasan pada postinngan rtikel kita kali ini, tidak akan kalah menarik dari bahasan – bahasan postingan artikel kita sebelum – sebelumnya, pada postingan artikel kita kali ini, kita akan membahas mengenai ” Pengaruh Working Capital Management Terhadap Rentabilitas Ekonomi dan Kinerja Perusahaan ” .. Semoga informasi yang kita sampaikan dapat bermanfaat dan tentunya dapat menambah pengetahun para pembaca… Selamat membaca…. 🙂 🙂 🙂 🙂

Latar Belakang

Perusahaan dalam menjalankan kegiatan usahanya membutuhkan modal. Riyanto (1999:3) menyebutkan bahwa dana diperoleh dari pemilik perusahaan maupun dari utang. Dengan kata lain pendanaan yang dibutuhkan oleh perusahaan dapat diperoleh melalui dua jalan, yaitu dari modal sendiri oleh pemilik perusahaan dan utang dari pihak luar perusahaan. Pihak perusahaan yang memiliki kebutuhan dana untuk mengelola perusahaan dapat memperoleh dana dari dua jalan tersebut. Ketika dua sumber pendanaan tersebut dapat dipenuhi oleh perusahaan (baik salah satu ataupun keduanya), maka perusahaan dapat menggunakannya sebagai modaluntuk melakukan kegiatan usaha.

Disamping itu pula perusahaan perlu melakukan pengelolaan dengan baik agar tersedia modal yang cukup dalam melaksanakan peningkatan kegiatan operasi, perluasan perusahaan serta untuk mecapai tujuan perusahaan.Tidak hanya itu, saat ini dalam menghadapi  era pasar bebas, perkembangan dunia usaha semakin luas dan menuntut perusahaan harus mampu bersaing secara competitive. Berdasarkan hal tersebut, perusahaan juga membutuhkan modal kerja yang cukup serta pengelolaan sumber daya yang baik untuk menunjang kelangsungan hidup perusahaan. Perusahaan yang mampu bersaing akan tetap bertahan hidup bahkan dapat mengembangkan usahanya. Namun, sebaliknya perusahaan yang tidak mampu bersaing akan mengalami kebangkrutan.

Baca Juga  Kode Etik Profesi Dalam Etika Profesi

Untuk mewujudkan semua tuntutan tersebut diperlukan suatu prinsip pengelolaan yang efektif dan efisiensi serta produktif terhadap semua bagian yang ada di perusahaan. Serta ditunjang oleh suatu tindakan pengendalian yang efektif untuk mencegah timbulnya penyimpangan yang mengganggu terhadap kinerja perusahaan. Kinerja Perusahaan merupakan kinerja perusahaan tersebut merupakan hasil dari serangkaian proses bisnis dengan mengorbankan berbagai sumber daya, baik sumber daya manusia maupun keuangan perusahaan. Meningkatnya kinerja perusahaan ditandai dengan gencarnya kegiatan perusahaan dalam menghasilkan laba sebesar-besarnya (Moerdiyanto 2010).

Husnan (1998:550) menyatakan bahwa semakin besar kemampuan modal kerja yang dapat menghasilkan keuntungan pada suatu laba tertenntu, maka akan semakin efisien pengelolaan terhadap modal kerja tersebut dan hal tersebut menunjukkan peningkatan kinerja di dalam suatu perusahaan ke arah yang lebih baik. Dengan demikian pengelolaan modal kerja yang semakin efisien dapat memperbesar kemungkinan suatu perusahaan untuk dapat memperoleh keuntungan yang telah ditargetkannya. Modal kerja yang semakin efisien merupakan refleksi dari kemampuan modal kerja yang semakin besar dalam meningkatkan kinerja perusahaan tersebut. Dengan kata lain, hal ini yang akan menunjukkan pengelolaan modal kerja yang efisien dapat menghasilkan peningkatan kinerja yang ada di dalam perusahaan (Husnan dalam lfian Lisdias Ismanto, 2013).

Dalam upaya mewujudkan operasi perusahaan yang efisien, ukuran keberhasilan belum cukup hanya jika dilihat dari besarnya laba yang akan diperoleh oleh suatu perusahaan, akan tetapi harus dapat dilihat dari rentabilitasnya. Usaha perusahaan harus diarahkan pada pencapaian tingkat rentabilitas yang maksimal. Rentabilitas yang dimaksud dalam penelitian ini adalah rentabilitas pada sektor ekonomi. Dimana rentabilitas ekonomi merupakan cerminan dari seberapa efisien suatu perusahaan dapat menghasilkan laba dengan pencapaian yang optimal. Peranan manajemen modal kerja terhadap rentabilitas ekonomi dan kinerja perusahaan menjadi daya tarik bagi peneliti. Seperti beberapa penelitian sebelumnya yang mengangkat tema yang sama. Hubungan antara manajemen modal kerja terhadap rentabilitas ekonomi dan kinerja perusahaan tersebut telah dibuktikan oleh beberapa peneliti tersebut. Sehingga memberikan hasil yang berbeda pada masing – masing obyek penelitian mereka.

Baca Juga  Tata Cara Etiket Dalam Bergaul

Penelitian Wita Juwita Ermawati, 2007 yang meneliti pengaruh working capital management  terhadap risiko perusahaan dan kinerja perusahaan mendapatkan tidak adanya pengaruh signifikan. Selanjutnya, penelitian Bintang Dwi Ramadhan, 2005 yang meneliti pengaruh manajemen modal kerja terhadap rentabilitas pada PT. Pos Indonesaia, Bandung mempunyai korelasi positif signifikan. Selanjutnya, penelitian Edward Hartawan, 2009 yang meneliti pengaruh modal kerja terhadap rentabilitas ekonomi pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia mendapatkan hasil berpengaruh positif.

Dari latar belakang diatas, hal ini menarik peneliti untuk melakukan penelitian dengan mengambil judul “ Pengaruh Working Capital Management  Terhadap Rentabilitas Ekonomi dan Kinerja Perusahaan (Studi Kasus Pada Indeks Pefindo 25 Periode  2012 – 2015) ”

Perumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang diatas, dapat dirumuskan beberapa permasalahan yang akan menjadi permasalahan dalam penelitian ini. Beberapa permasalahan itu antara lain :

  1. Bagaimana Working Capital Management Terhadap Rentabilitas Ekonomi (Studi Kasus Pada Indeks Pefindo 25 Periode  2012 – 2015)?
  2. Bagaimana pengaruh Working Capital Management TerhadapKinerja Perusahaan (Studi Kasus Pada Indeks Pefindo 25 Periode  2012 – 2015)?
  3. Bagaimana pengaruh Working Capital Management  Terhadap Rentabilitas Ekonomi dan Kinerja  Perusahaan (Studi Kasus Pada Indeks Pefindo 25 Periode  2012 – 2015)?

Tujuan Penelitian

Berdasarkan latar belakang dan rumusan masalah dalam penelitian ini, maka tujuan penelitian ini adalah :

  1. Untuk mengetahui pengaruh Working Capital Management Terhadap Rentabilitas Ekonomi (Studi Kasus Pada Indeks Pefindo 25 Periode  2012 – 2015).
  2. Untuk mengetahui pengaruh Working Capital Management Terhadap Kinerja Perusahaan (Studi Kasus Pada Indeks Pefindo 25 Periode  2012 – 2015).
  3. Untuk mengetahui pengaruh Working Capital Management  Terhadap Rentabilitas Ekonomi dan Kinerja  Perusahaan (Studi Kasus Pada Indeks Pefindo 25 Periode  2012 – 2015).
Baca Juga  Memahami Tentang Etika Di Dalam Pergaulan

Manfaat penelitian

Penelitian ini diharapkan dapat berguna bagi semua pihak yang berkepentingan. Adapun manfaat penelitian ini adalah:

  1. Bagi investor

Penelitian ini diharapkan dapat memanfaatkan hasil penelitian ini sebagai bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan investasi.

  1. Bagi emiten

          Penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan tentang modal kerja dalam suatu perusahaan. Data empiris mengenai masukan tentang modal kerja dapat dijadikan sebagai input bagi perusahaan dalam rangka meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam penggunaan modal kerja di perusahaan yang bersangkutan.

  1. Bagi akademis

Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi dan sumber informasi serta menambah wawasan dalam kajian manajemen modal kerja dan  dan dapat dikembangkan pada penelitian selanjutnya.

Demikianlah informasi yang dapat kita sampaikan pada postingan artikel kita kali ini dengan bahasan tentang ” Pengaruh Working Capital Management  Terhadap Rentabilitas Ekonomi dan Kinerja Perusahaan ” … Semoga bahasan yang ada pada postingan artikel kita kali ini dapat menambah wawasan dan dapat bebrmanfaat bagi para generasi milenial yang cerdas mandiri untuk mengetahui lebih banyak informasi lainnya. Stay teruss pada postingan kami selanjutnya, tetap kunjunngi website bisaculaude.com karena akan selalu ada materi – materi menari lainnnya… 🙂 🙂 🙂 🙂

 

Berikut Artikel Terkait Lainnya