Pengaruh Citra Perusahan dan Citra Produk Terhadap Keputusan Pembelian

Bisacumlaude Haloo haloo haloo haloo para generasi milenial yang cerdas dan mandirii… Jumpa lagi dalam postingan artikel kita kali ini yang tentunya tidak akan kalah menarik dari bahasan – bahasan postingan kita sebelumnya, pada postingan artikel kita kali ini, kita akan membahas mengenai ” Pengaruh Citra Perusahan dan Citra Produk Terhadap Keputusan Pembelian ” .. Semoga bermanfaat dan selamat membaca…. ๐Ÿ™‚ ๐Ÿ™‚ ๐Ÿ™‚ ๐Ÿ™‚

 

Latar Belakang

Seiring dengan perkembangan teknologi serta tingginya volume tingkat persaingan bisnis di dunia khususnya masyarakat yang berada di wilayah perkotaan mulai mengalami perubahan tren dan gaya hidup yang mengikuti perkembangan teknologi dengan alasan tersebut perusahaan barang atau jasa berusaha mencari informasi kebutuhan seperti apa yang diinginkan oleh konsumen. Keberhasilan suatu kegiatan pemasaran dalam perusahaan sangat ditentukan oleh kemampuan perusahaan memberi persepsi kepada konsumen sehingga dapat diketahui mengapa seseorang lebih senang mengkonsumsi suatu produk dengan merek tertentu bukan produk dari merekย  lainnya.

Persaingan yang ada didalam dunia teknologi sudah tersebar luas, seperti munculnya produk-produk baru dengan berbagai macam fitur andalan. Persaingan yang semakin ketat dan kuat mengharuskan setiap perusahaan untuk lebih giat lagi dalam mengatasi persaingan yang ada. Untuk menghadapi persaingan, setiap perusahaan yang bergerak di bidang teknologi harus menghasilkan produk yang berkualitas sehingga dapat memberikan nilai lebih dan daya tarik yang lebih pula kepada konsumen dalam hal mempengaruhi citra perusahaan dan citra produk.

Sekarang ini hasil produksi yang sedang digemari masyarakat salah satunya adalah produk komputer yang mulai banyak diperkenalkan oleh beberapa perusahaan yaitu Komputer Tablet atau yang biasa dikenal dengan sebutan Tablet PC (Tab), dirancang sebagai sebuah perangkat digital yang berada diantara telepon pintar (smart phone) yang merupakaan pelopor dalam pembuatan tablet PC sekarang menghadapi pesaing baru salah satunya adalah Samsung Galaxy Note 8.

PC Tablet atau dapat langsung dikatakan tablet saja, merupakan jenis personal komputer yang memiliki fleksibilitas yang lebih daripada PC biasa maupun laptop karena berukuran kecil seperti buku hingga mudah dibawa. Teknologi semakin canggih maka produk elektronik semakin banyak juga, dan mendukung berbagai macam OS terbaru dari Android. Berikut daftar Samsung Galaxy Note pada tahun 2013 :

Baca Juga  Pengaruh E - Commerce Terhadap Keputusan Pembelian

Tabel 1.1 Daftar Samsung Galaxy Note pada tahun 2013

No Type Harga
1 Samsung Galaxy Note 1 N7000 Rp 3.000.000
2 Samsung Galaxy Note 2 N7100 Rp 5.725.000
3 Samsung Galaxy Note 3 N9000 Rp 8.200.000
4 Samsung Galaxy Note 8 N5100 Rp 5.025.000

Sumber : Samsung Plaza Bandar Lampung pada tahun 2013

Tabel 1.1 menunjukan jenis Samsung Galaxy Note dengan berbagai tipe. Jika dilihat dari spesifikasi harga yang ada Samsung Galaxy Note 8 menempati urutan ke 3 setelah Samsung Galaxy Note 2 dan Samsung Galaxy Note 3, akan tetapi hal tersebut tidak membuat Samsung Galaxy Note 8 sedikit mempunyai peluang untuk berhasil dalam pemasarannya hal ini dikarenakan Samsung Galaxy Note 8 mempunyai beberapa kelebihan seperti kualitas atau mutu, fitur tidak kalah canggih dan modern.

Samsung Electronics adalah perusahaan yang bergerak dibidang teknologi dan informasi, perusahaan tersebut mendirikan outlet di Bandar Lampung dan diberi nama Samsung Plaza yang menyediakan beragam gadget salah satunya PC (tab) Samsung Galaxy Note 8. Perusahaan ini selalu berusaha memberikan produk yang terbaik. Inovasi produk yang disertai kelengkapan fitur canggih merupakan faktor-faktor penting yang dipertimbangkan ketika konsumen hendak membeli produk dengan suatu merek (Kotler, 2007, p.128) citra merek adalah persepsi dan keyakinan yang dilakukan oleh konsumen, seperti tercermin dalam asosiasi yang terjadi dalam memori konsumen. Hal ini dibuktikan dengan data penjualan Samsung Galaxy Note 8 di Bandar Lampung pada tahun 2012-2013 dibawah ini:

Tabel 1.2 Data penjualan Samsung Galaxy Note 8 pada tahun 2013

Tahun/periode Relialisasi penjualan (unit) Target penjualan (unit)
2012/1 440 1000
2012/2 643 1000
2013/1 811 1000
Total 1.949

Sumber : Samsung Plaza Bandar Lampung pada tahun 2013

Tabel 1.2 menunjukan relialisasi penjualan Samsung Galaxy Note 8 pada tahun 2012-2013, dilihat dari tabel penjualan Samsung Galaxy Note 8 pada tahun 2012/1 relialisasi penjualan dari Samsung Galaxy Note 8 sebanyak 440 unit, sedangkan target yang ditentukan sebanyak 1000 unit. Kemudian ditahun 2012/2 relialisasi penjualan Samsung Galaxy Note 8 sebanyak 643 unit, sedangkan target yang ditentukan sebanyak 1000 unit, dan pada tahun 2013/1 terjadi peningkatan penjualan sebanyak 811 hal ini dikarenakan perusahaan samsung berusaha meningkatkan kualitas serta fitur-fitur yang lebih canggih seperti melengkapi Samsung Galaxy Note 8 dengan aplikasi Jelly-bean dan lainnya dengan tujuan meningkatkan penjualan Samsung Galaxy Note 8. Tetapi kenyataannya peningkatan tersebut tidak berdampak lebih positif untuk citra perusahaan maupun citra produk dalam merelialisasikan penjualan yang ditargetkan, sehingga diduga ada pengaruh citra perusahaan dan citra produk yang mempengaruhi konsumen untuk membeli Samsung Galaxy Note 8.

Baca Juga  Contoh Latar Belakang Skripsi Analisis Terhadap Kinerja

Bagi perusahaan strategi pemasaran merupakan faktor penting untuk mencapai keberhasilan suatu target usahanya, dimana perusahaan harus dapat memberikan kepuasan kepada konsumen sehingga mempunyai pandangan yang baik terhadap perusahaan. Citra suatu perusahaan yang meliputi nama baik perusahaan, reputasi ataupun keahliannya merupakan factor yang sering mempengaruhi keputusan pembeli pada sektor jasa dibandingkan dengan sektor produksian, membina dan mempertahankan suatu citra yang kuat sangat penting artinya bagi suatu organisasi jasa jika ingin menarik konsumen dan mempertahankan loyalitasnya. Citra perusahaan yang baik dan kuat akan tumbuh menjadi kepribadian perusahaan. Kotler dan Amstrong (2006, p.299) menyebutkan citra perusahaan merupakan seperangkat keyakinan, ide dan kesan yang dimiliki oleh seseorang terhadap suatu perusahaan.

Citra terhadap suatu produk berhubungan dengan sikap yang berupa keyakinan dan preferensi terhadap suatu produk. Konsumen dengan citra yang positif terhadap suatu produk lebih memungkinkan untuk melakukan pembelian oleh karena itu kegunaan utama dari iklan diantara nya adalah untuk membangun cita yang positif terhadap produk, manfaat lain yang positif adalah perusahaan bisa mengembangkan ciri produkย  dengan memanfaatkan citra produk yang positif dan yang telah melekat pada produk-produk lama. Menurut Umam (2012, p.125) Citra produk merupakan sebuah gambaran yang dimiliki khalayak tentang organisasi melalui akumulasi semua pesan yang diterima, pesan yang diterima dengan sengaja maupun tidak secara terus menerus, akan membentuk sebuah gambaran akan produknya oleh publiknya, kesesuaian harapan citra yang terbentuk dengan kenyataan citra yang terbentuk di public belum tentu sama.

Hasil produksi yang memiliki merek tinggi cenderung lebih mudah memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan sesuai dengan persepsi kebanyakan pelanggan memandang dan merasakan bahwa hasil produksi yang kita berikan lebih tinggi dibandingkan yang diberikan oleh pesaing. Karena kurangnya yang mengetahui citra perusahaan tablet Samsung Galaxy Note 8 menjadikan keputusan pembelian di Bandar Lampung untuk membeli produk Samsung Galaxy Note 8 belum berjumlah banyak meskipun kebanyak dari konsumen hampir lebih banyak mengetahui citra produk samsung dibandingkan mereka mengetahui tentang citra perusahaan dari samsung itu sendiri. Untuk memahami sekaligus mempengaruhi keputusan pembelian oleh konsumen perusahaan harus meningkatkan citra perusahaan dan citra produk ย tablet Samsung Galaxy Note 8 meski citra produk dari samsung sudah banyak difahami namun diikut sertakan dalam proses peningkatan agar citra produk lebih dikenal lagi oleh masyarakat pencinta gadget kususnya.

Baca Juga  Citra Perusahaan dan Citra Produk Terhadap Keputusan Pembelian

Menurut Philip Kotler (2005, p.202) keputusan pembelian merupakan suatu penentuan apa yang akan dibeli atau tidaknya oleh konsumen, keputusan didasarkan pada hasil yang diperoleh dari kegiatan atau aktivitas sebelum pembelian. Perusahaan harus mengetahui tahapan-tahapan dalam konsumen menetukan waktu pembelian atapun apa yang akan dibelinya, yang juga mempengaruhi perusahaan dalam mengatur waktu produksi, pemesanan, periklanan dan sebagainya.

Dengan memiliki citra yang baik menjadi prioritas utama dijadikan acuan pilihan yang dilakukan pengkonsumsi dalam keputusan membeli. Citra perusahaan dan citra produk yang baik merupakan salah satu cara yang efektif dalam menjaring pengkonsumsi. Berhasil atau tidak nya suatu produk dalam menarik konsumen sangatlah tergantung baik atau tidak nya suatu citra dibenak konsumen.

Berdasarkan uraian diatas, maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul โ€œย PENGARUH CITRA PERUSAHAAN DAN CITRA PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TABLET SAMSUNG GALAXY NOTE 8 di Bandar Lampungโ€.

Demikianlah informasi yang dapat kita sampaikan pada postingan artikel kita kali ini dengan bahasan tentang ” Pengaruh Citra Perusahan dan Citra Produk Terhadap Keputusan Pembelian ” … Semoga bahasan yang ada pada postingan artikel kita kali ini dapat menambah wawasan dan dapat bebrmanfaat bagi para generasi milenial yang cerdas mandiri untuk mengetahui lebih banyak. Stay teruss pada postingan kami selanjutnya, tetap kunjunngi website bisaculaude.com karena akan selalu ada materi – materi menari lainnnya… ๐Ÿ™‚ ๐Ÿ™‚ ๐Ÿ™‚ ๐Ÿ™‚

Berikut Artikel Terkait Lainnya