Pengaruh Lifestyle dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Pada Klinik Kecantikan Puspita Bandar Lampung

Bisacumlaude Haloo haloo haloo haloo para generasi milenial yang cerdas dan mandirii… Jumpa lagi dalam postingan artikel kita kali ini yang tentunya tidak akan kalah menarik dari bahasan – bahasan postingan kita sebelumnya, pada postingan artikel kita kali ini, kita akan membahas mengenai ” Pengaruh Lifestyle dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Pada Klinik Kecantikan Puspita Bandar Lampung ” .. Semoga bermanfaat dan selamat membaca…. 🙂 🙂 🙂 🙂

 

Latar Belakang

Pada era modern seperti saat ini,  penampilan sangat menunjang dan penting untuk sebagian orang terlebih lagi wanita. Untuk menghasilkan penampilan  yang baik dan menarik tentu ditunjang dari  berbagai macam hal, seperti  bagaimana cara merawat tubuh mereka. Dalam merawat tubuh, kesehatan kulit wajah dan tubuh merupakan fokus utama yang biasanya mereka pikirkan terlebih dulu. Dengan memiliki kulit yang sehat, maka mereka akan terlihat lebih cantik dan menarik sesuai dengan keinginan mereka. Kebutuhan wanita terhadap fasilitas kecantikan sekarang ini terus meningkat, karena wanita saat ini sudah menyadari pentingnya kesehatan tubuh dan merawatnya agar terlihat cantik dan sehat.

Fenomena yang terjadi saat ini di kalangan wanita kecantikan dan penampilan yang menarik menjadi magnet dan menjadi peran penting dalam menjalani perannya, kebanyakan wanita yang memandang kecantikan sebagai hal yang utama, mereka melakukan berbagai macam perawatan untuk menjaga kecantikan dan menjaga penampilannya agar tetap menarik, baik itu perawatan fisik ataupun non fisik. Untuk itu konsumen memilih tempat kencantikan yang mempunyai kualitas baik dari segi produk ataupun kebutuhan yang mereka butuhkan.

Seiring dengan perkembangan bisnis klinik kecantikan, di Bandar Lampung sendiri mulai bermunculan klinik – klinik kecantikan baru yang menyediakan pelayanan dan perawatan yang menjanjikan salah satunya adalah klinik kecantikan Puspita yang terletak di JL. MH. Thamrin n0 35. Gotong Royong Bandar Lampung. Klinik Kecantikan Puspita merupakan klinik kecantikan yang menawarkan produk atau jasa yang berfungsi untuk merawat kulit agar lebih cantik dan sehat. Klinik Kecantikan Puspita membuat para konsumen yang datang dengan tujuan untuk mempercantik diri dengan pelayanan yang diberikan dalam perawatan kulit seperti

Baca Juga  Memahami Kode Etik Profesi: Pengertian dan Fungsi

Facial Treatment, Electrocauter, Photo Dynamic Therapy (PDT), Radio Frequency, Chemical Peeling, Oxygen Jet Peel, Cavitation, Laser Nd-Yag, Derma Roller, Thread Lift, Botox dari  pelajar sampai orang dewasa, bahkan bukan menjadi  hal yang aneh lagi bagi mereka untuk mengunjungi klinik kecantikan. Oleh sebab itu Klinik Kecantikan Puspita melayani wanita dari berbagai latar belakang dengan memberikan kualitas pelayanan yang  baik yang dapat menjawab kebutuhan wanita dalam hal kesehatan dan kecantikan kulit. Dengan berbagai macam pelayanan yang berkualitas dengan menggunakan produk yang diramu apoteker dan dilengkapi dengan fasilitas apotek, Klinik Kecantikan Puspita berkomitmen akan mempermudah konsumen untuk membuat kulit cantik dan sehat.

Menyadari persaingan yang terjadi dalam bisnis klinik kecantikan, maka klinik kecantikan Puspita berupaya untuk mengikuti perkembangan lifestyle konsumen di era modern ini.  Menurut Simamora (2010, p. 137) lifestyle merupakan pola hidup seseorang di dunia yang terungkap pada aktivitas, minat dan opininya. Lifestyle yang dibutuhkan oleh konsumen dalam hal perawatan tubuh dapat diukur dari segi pelayanan dan fasilitas perawatan yang diberikan tersebut. Akan tetapi, ada beberapa faktor yang mempengaruhi Lifestyle konsumen pada Klinik Kecantikan Puspita, seperti : Gender, karena tidak semua pria ingin melakukan perawatan pada klinik kecantikan tersebut dikarenakan kurangnya treatment untuk pria pada klinik kecantikan tersebut, Pekerjaan, harga yang relatif murah membuat sebagian besar konsumen pada klinik Kecantika Puspita didominasi pelajar dan usia, banyaknya konsumen yang masih berusia 17an yang melakuakan perawatan pada Klinik Kecantikan Puspita berdampak pada sensitivita kulit mereka, sehingga banyak yang mengalami masalah pada kulit konsumen tersebut.

Dalam mempengaruhi konsumen untuk menggunakan jasa Klinik Kecantikan Puspita yaitu dengan cara word of mouth. Dalam kegiatan pemasaran word of mouth merupakan aktivitas yang dapat menghasilkan publisitas dan informasi mengenai produk dan jasa dari suatu perusahaan. Konsumen melakukan kegiatan word of mouth untuk berbagi ide, opini, dan informasi kepada orang lain tentang produk dan jasa yang mereka beli atau gunakan. Melalui kegiatan seperti inilah konsumen dapat mengetahui kualitas dari suatu produk atau jasa tersebut.  Menurut Ali Hasan (2010) word of mouth dapat menjadi sumber informasi yang kuat dalam mempengaruhi keputusan pembelian. Word of mouth dipercaya lebih efektif mempengaruhi keputusan konsumen dalam menggunakan jasa.

Baca Juga  Moralitas: Pengertian, Moralitas Objektif dan Subjektif serta Faktor

Word Of Mouth yang berkembang mengenai Klinik Kecantikan Puspita membuat masyrakat lebih mengetahui tentang Klinik Kecantikan Puspita tesebut. Akan tetapi, perbedaan sudut pandang saat melakukan komunikasi word of mouth tersebut terkadang membuat perbedaan opini di antara konsumen. Berikut data pra survey yang dilakukan peneliti terhadap 20 konsumen yang pernah melakukan perawatan pada Klinik Kecantikan Puspita tersebut.

Tabel 1.1

Tabel Pra Survey Konsumen Yang Pernah Melakukan Perawatan Pada Klinik Kecantikan Puspita

No

Jenis Keluhan Jumlah Konsumen
1 Harga perawatan pada Klinik Kecantikan Puspita yang sangat terjangkau 11
2 Dokter dan perawat yang sangat berpengalaman dalam hal perawatan kecantikan 7
3 Lingkungan Klinik Kecantikan yang nyamanan 2
Jumlah 20

Dari tabel pra survey tersebut yang dilakukan dengan cara wawancara, dapat kita lihat sebanyak 11 dari 20 konsumen yang dilakukan wawancara mengatakan tentang terjangkaunya harga yang ditawarakan pada Klinik Kecantikan Puspita tersebut sedangkan sisanya mengatakan bahwa dokter dan perawat pada Klinik Kecantikan Puspita di lakukan dengan orang yang benar – benar professional dalam bidangnya serta lingkungan klinik kecantikan puspita yang memberiukan rasa nyaman. Hal terseubut menimbulkan WOM positif tentang Klinik Kecantikan Puspita tersebut. Beberapa WOM positif yang muncul berpengaruh terhadap tingkat pengunjung yang melakukan keputusan pembelian pada Klinik Kecantikan Puspita tersebut. Masalah yang terjadi pada Klinik Kecantikan Puspita mengenai lifestyle dan  word of mouth berpengaruh terhadap tingkat pengunjung dan keputusan pembelian konsumen pada Klinik Kecantikan Puspita tersebut. Berikut adalah data yang menunjukan tingkat pengunjung pada Klinik Kecantikan Puspita Bandar Lampung :

Tabel 1.2

Data Konsumen Pada Klinik Kecantikan Puspita Bandar Lampung Tahun 2019

Tahun

Jumlah Pengunjung Jumlah konsumen yang melakukan perawatan
2013 1120 913
2014 1013 837
2015 1346 1261
Jumlah 3479 3011
Baca Juga  Kode Etik Profesi

Sumber : Klinik Kecantikan Puspita Bandar Lampung

Berdasarkan tabel 1.1 data tersebut diatas menunjukkan bahwa Klinik Kecantikan Puspita sampai pada tahun 20159mengalami penaikan dan penurunan tingkat pengunjung dan konsumen yang melakuakan perawatan pada klinik tersebut. Banyak pula dari konsumen yang telah bekunjung pada Klinik Kecantikan Puspita tersebut namun mengurungkan niat untuk melakukan perawatan pada Klinik tersebut, dikarenakan stigma negatif yang bekembang tentang Klinik Kecantikan Puspita tersebut.

Klinik Kecantikan Puspita harus lebih meningkatkan inovasi dan kwalitasnya untuk bisa menciptakan keputusan pembelian akan klinik tersebut. Tabel diatas menindikasikan bahwa keputusan konsumen untuk melakukan perawatan berkurang seiring terjadinya gaya hidup yang berubah-ubah dan opini negatf yang berkembang. Selain itu terciptanya kepuasan konsumen dapat juga membentuk suatu rekomendasi dari mulut ke mulut (word of mouth) yang menguntungkan bagi perusahaan dengan banyaknya pesaing, mendapatkan apalagi mempertahankan pelanggan sangatlah sulit, untuk itu selain dari mutu pelayanan yang berkualitas.

Berdasarkan uraian diatas, penulis tertarik untuk mengadakan penelitian yang berkaitan dengan keputusan pembelian, maka skripsi ini mengangkat Judul “PENGARUH LIFESTYLE DAN WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA KLINIK KECANTIKAN PUSPITA BANDAR LAMPUNG”

 

Demikianlah informasi yang dapat kita sampaikan pada postingan artikel kita kali ini dengan bahasan tentang ” Pengaruh Lifestyle dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Pada Klinik Kecantikan Puspita Bandar Lampung ” … Semoga bahasan yang ada pada postingan artikel kita kali ini dapat menambah wawasan dan dapat bebrmanfaat bagi para generasi milenial yang cerdas mandiri untuk mengetahui lebih banyak. Stay teruss pada postingan kami selanjutnya, tetap kunjunngi website bisaculaude.com karena akan selalu ada materi – materi menari lainnnya… 🙂 🙂 🙂 🙂

Berikut Artikel Terkait Lainnya