Anallisis Kelayakan Bisnis Dalam Membuka Bisnis Baru

Bisacumlude Haloo haloo haloo haloo para generasi milenial yang cerdas dan mandirii… Jumpa lagi dalam postingan artikel kita kali ini yang tentunya bahasan pada postinngan rtikel kita kali ini, tidak akan kalah menarik dari bahasan – bahasan postingan artikel kita sebelum – sebelumnya, pada postingan artikel kita kali ini, kita akan membahas mengenai ” Anallisis Kelayakan Bisnis Dalam Membuka Bisnis Baru ” .. Semoga informasi yang kita sampaikan dapat bermanfaat dan tentunya dapat menambah pengetahun para pembaca… Selamat membaca…. πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚

Bila anda mengajukan suatu pinjaman atau suatu kredit pada suatu bank (Bank apapun itu) dan kredit anda tersebut disetujui oleh pihak bank tekait dan anda akhirnya diberikan pinjaman tersebut….

  1. Bisnis atau usaha apa yang akan anda buat dengan pinjaman yang telah anda ajukan tersebut? Berikan alasan anda mengapa anda ingin memilih, membuat atau menjalankan bisnis atau usaha tersebut! Dan apakah bisnis anda tersebut adalah bisnis permulaan (awal) atau bisnis anda tersebut merupakan bisnis yang melanjutkan bisnis yang sudah ada? Bisnis atau usaha yang akan saya buat dan saya jalankan ketika saya mendapatkan pinjaman atau kredit dari bank yang memberikan kepercayaan untuk meminjamkan yaitu saya akan membuka bisnis restoran yang merupakan bisnis restoran khas Jepang yang akan saya beri nama dengan nama Washoku. Alasan saya mengapa saya ingin membuka bisnis restoran masakan Jepang tersebut, hal ini disebabkan karena menurut saya yang berkaca dan melihat pada potensi dan peluang yang cukup baik untuk berkembangnya restauran Jepang jika saya membuka bisnis ini. Dimana untuk di daerah Lampung sendiri masih sangat minimnya bisnis – bisnis restoran yang bernuansakan atau memiliki ciri khas yang sangat mencerminkan budaya Jepang yang dimana konsumen akan dibuat merasakan nuansa yang seakan membawa konsumennya benar – benar merasakan suasana ketika makan di restoran Jepang sendiri. Selain itu, saya melihat potensi yang potensial pada konsumen yang ada di daerah Lampung sendiri yang notabenenya sangat bersifat konsumtif terutama dalam hal memilih tempat makan yang memiliki karakter tersendiri. Bisnis yang saya akan bangun ini merupakan suatu model bisnis yang benar – benar dimulai dari awal untuk membangun bisnis tersebut yang dimulai dari branding resturan sampai dengan pada pendisegnan layout pada restourant tersebut.
  1. Dimanakah lokasi atau letak (Kabupaten, Kota di Provinsi Lampung) yang rencana nya akan untuk anda membangun bisnis tersebut? Berikan alasan mengapa anda memilih lokasi atau daerah untuk anda membuka bisnis tersebut! Lokasi yang akan saya pillih untuk saya jadikan tempat mebuka bisnis restouran saya yang merupakan bisnis restauran khas Jepang saya yaitu di Kota Bandar Lampung, yang tepatnya berada di JL. ZA. Pagar Alam Gedong Meneng, Bandar Lampung. Lokasi atau daerah tersebut menjadi sebuah pilihan oleh saya dikarenakan lokasi atau daerah tersebut merupakan salah satu lokasi atau daerah yang memiliki letak yang sangat strategis. Hal ini dikarenakan, lokasi atau daerah tersebut letaknya berada pada pusat pendidikan serta pada pusat perkantoran yang akan memudahkan bisnis atau usaha restauran saya dalam membidik atau menjaring pangsa pasar pada bisnis restauran yang akan saya jalankan tersebut.
  1. Bagaimanakah rencana anda dalam menjalankan bisnis yang akan anda buat tersebut? (perorangan ataukah bersama dengan rekan – rekan anda). Rencana saya dalam menjalankan bisnis atau usaha tersebut adalah dengan sistem perorangan, jadi disini maksudnya adalah saya akan menjalankan bisnis atau usaha saya sendiri. Akan tetapi, dalam menjalanlkan bisnis atau usaha tersebut saya akan mencoba melakukan rekrutmmen atau mempekerjakan karyawan untuk melakukan pementukan manajemn kerja dengan tujuan untuk lebih memudahkan saya dalam melakukan kordinasi untuk menjalankan aktivitas bisnis atau usaha tersebuut. Bahkan mulai dari penentuan merek atau brand sampai dengan desisgn layout restauran akan saya yang tentukan dengan ide yang saya buat sendiri.
  1. Badan usaha yang mana yang akan anda pilih untuk dapat menjalankan usaha anda tersebut? Berikan alasan anda mengapa memiliki bdan usaha tersebut! Jenis badan usaha yang akan saya pilih yaitu badan usaha atau Perusahaan Perseorangan. Perusahaan perseorangan yang saya pillih sebagai badan usaha dengan alasan karena dengan membuat perusahaan perseorangan saya bebas melakukan pergerakan di dalam bisnis yang saya akan jalankan sesuai dengan ide dan konsep yang saya inginkan nantinya tanpa adanya campur tangan dari orang lain, keputusan juga dapat saya ambil dengan cepat hal ini dikarenakan saya yang akan mengambil keputusan itu sendiri, rahasia perusahan akan terjamin kerahasiaannya, memudahkan saya mendapatkan suatu pinjaman atau kredit kembali karana jaminan dan tanggung jawab yang dimiliki perusahaan perseorangan tidak akan terbatas pada modal sendiri jadi dalam hal ini resiko kredit akan jauh lebih kecil serta masih minimnya peraturan – peraturan yang diterapkan oleh pemerintah untuk bisnis perseorangan.
  1. Coba anda analisis dampak bisnis anda tersebut dari berbagai aspek yang ada seperti halnya: aspek hukum, aspek ekonomi, aspek sosial dan aspek lingkungan di tempat anda akan membangun bisnis atau usaha tersebut!
Baca Juga  Membuat Analisis Kelayakan Pada Usaha Baru

 

Aspek Hukum

Jika dilihat dari aspek hukum, aspek hukum menjadi hal yang sangat penting atau utama pada awal melakukan pendirian sebuah proyek atau usaha pada suatu daerah, dalam hal ini Izin Usaha Perdagangan menjadi dasar aturan hukum bagi bisnis yang akan saya dirikan yaitu bisnis restaurant yang akan saya beri nama Washoku. Hal tersebut haruslah menjadi perhatian penting untuk saya agar tidak ada masalah dikemudian hari yang berhubungan dengan hukum dagang.

 

Aspek Ekonomi

Jika ditinjau dari aspek ekonomi, bisnis yang nantinya akan saya buat tentunya akan memberikan atau membuka lapangan kerja baru bagi Sumber Daya Manussia khususnya yang berada di daerah Bandar Lampung. Jadi dapat dilihat dari segi aspek ekonomi tersebut dapat membantu pemerintah dalam membuka lapangan kerja bagi masyarakat yang membutuhkan pekerjaan dan dapat membantu menjadi sarana lapangan kerja yang baru.

 

Aspek Sosial

Ditinjau dari aspek sosial sendiri, Restaurant Washoku akan mencoba melakukan kerjasama dengan perguruan tinggi – perguruan tinggi yang ada disekitar lokasi bisnis atau usaha tersebut untuk bisa menjadikan Restaurant Washoku sebagai salah satu media praktek pembelajaran bagi mahasiswa pada mata kuliah tertentu. Agar mahasiswa juga mendapatkan bekal untuk nantinya mereka mempersiapkan diri pada dunia kerja.

 

Aspek Lingkungan

Demi terciptanya lingkungan yang bersih dan bebas dari polusi agar tidak mengganggu masyarakat lingkungan sekitar, maka terdapat pengolahan limbah baik itu organik maupun non organik yanga akan dikelola dengan baik.

Demikianlah informasi yang dapat kita sampaikan pada postingan artikel kita kali ini dengan bahasan tentang ” Anallisis Kelayakan Bisnis Dalam Membuka Bisnis BaruΒ  ”Β … Semoga bahasan yang ada pada postingan artikel kita kali ini dapat menambah wawasan dan dapat bebrmanfaat bagi para generasi milenial yang cerdas mandiri untuk mengetahui lebih banyak informasi lainnya. Stay teruss pada postingan kami selanjutnya, tetap kunjunngi website bisacumlaude.com karena akan selalu ada materi – materi menari lainnnya… πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚

Baca Juga  Menganalisis Studi Kelayakan Bisnis

Berikut Artikel Terkait Lainnya